Bekerja Malam Hari Tingkatkan Risiko Kanker Rahim

by
June 3rd, 2013 at 4:01 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Kanker nampaknya menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar wanita. Mengapa? Beberapa jenis kanker, seperti serviks dan payudara bisa mengakibatkan kematian.

Badan Organisasi Kesehatan (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2012 nanti jumlah kanker payudara akan meningkat. Selain itu, menurut data dari International Agency for Research on Cancer pada tahun 2004, setiap jam seorang wanita meninggal dunia akibat kanker serviks.

Terkena kanker menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Untuk mencegah penyakit tersebut beberapa cara mungkin akan dilakukan sejumlah wanita. Misalnya, mengonsumsi sayuran berwarna hijau dan buah-buahan, melakukan vaksinasi HPV, dan lain sebagainya.

Jika sudah menerapkan hal tersebut, maka jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat. Selain merokok, ada hal lain yang dilarang dilakukan wanita untuk mencegah terkena kanker. Apa itu?

Ist

Ist

Alangkah baiknya wanita tidak bekerja pada malam hari. Dilansir dari Health.com, sebuah penelitian yang ditemukan di jurnal Occupational and Enviromental Medicine menunjukkan bahwa wanita yang bekerja malam hari akan meningkatkan risiko terkena kanker rahim.

Penelitian itu dilakukan pada lebih dari 1.100 wanita yang menderita jenis kanker rahim dan 1.800 wanita tanpa menderita kanker rahim. Wanita yang dijadikan obyek penelitian itu berusia 35 – 74 tahun dan bekerja di bidang kesehatan, rumah makan, dan pegawai administrasi.

Hasilnya, hampir 27 % wanita penderita kanker ternyata bekerja pada malam hari, 32% dalam batas terkena kanker, dan sekitar 22% tanpa kanker.

Berdasarkan penelitian tersebut, bekerja pada malam hari berkaitan dengan meningkatnya risiko kanker akut hingga 24% dan meningkatnya risiko kanker tingkat dini hingga 49%.

Meningkatnya risiko kanker pada wanita yang bekerja pada malam hari berkaitan dengan hormon melatonin yang mengatur hormon reproduksi, terutama estrogen. Normalnya, melatonin diproduksi pada malam hari.

Dilansir sumber yang sama, Parven Bhatti, kepala penelitian dari Pusat Riset Kanker Fred Hutchinson di Seattle mengatakan bahwa wanita berusia 50 tahun merupakan yang paling rentan terkena kanker rahim ketika mereka bekerja pada malam hari.

Kanker rahim merupakan tumor ganas yangvterdapat pada endometrium atau lapisan terdalam rahim, tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi. Kanker jenis ini bisa mempengaruhi kemampuan reproduksi seorang wanita. (NR)

Comment di sini