5 Penyakit Menular yang Mematikan

by
June 4th, 2013 at 10:20 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Penyakit menular bisa menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Penyakit menular yang dikenal juga sebagai penyakit infeksi merupakan penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi, seperti virus, bakteria, atau parasit.

Penyakit menular bisa ditularkan atau menular kepada orang lain melalui media, baik langsung maupun tidak langsung. Misalnya, melalui media udara yang bisa menyebar melalui udara pernapasan yang disebut sebagai air borne disease.

Beberapa penyakit yang bisa ditularkan melalui udara itu, antara lain TBC paru, Influenza, Meningitis, Morbili, dan lain sebagainya. Selain melalui udara, penyakit menular juga bisa tertular kepada orang lain melalui orang ke orang, air, dan melalui media vektor.

Banyaknya jenis penyakit menular, namun ada beberapa yang paling sering dialami oleh orang dan menghebohkan sepanjang sejarah dunia yang pernah ada. Apa saja jenis penyakit menular tersbut?

Dilansir dari Boldsky.com, berikut penyakit menular yang mematikan:

1. Influenza

Influenza biasa juga disebut flu yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini termasuk cepat sekali menular. Gejalanya, antara lain menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk-batuk, hidung berarir, dan suhu tubuh menjadi naik. Jika megalami gejala tersebut, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya dan banyak beristirahat. Flu yang dialami beberapa orang juga bisa menyebabkan kematian.

2. Malaria

Ist

Ist

Malaria merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa parasit yang merupakan golongan Plasmodium, di mana proses penularannya melalui gigitan nyamuk Anopheles. Penyakit menular ini masih menjadi masalah kesehtan yang terdapat di seluruh dunia. Hampir 98% kematian bayi di Afrika terjadi karena terkena Malaria. Meskipun bisa disembuhkan, namu penyakit malaria menyebabkan korban karena tidak terdeteksi dini.

3. Kolera

Penyakit kolera atau taun merupakan salah satu penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Vibro cholerae. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak benar. Gejalanya, antara lain diare, perut kram, mual, muntah, dan dehidrasi. Jika dibiarkan, maka penderita bisa berisiko meninggal. Biasnaya, kolera masih banyak dialami di daerah pedesaan terpencil.

4. HIV

HIV (Human Immunodeficency Virus) merupakan virus yang memperlemah kekebalan tubuh manusia. Seseorang yang terkena virus ini akan menajdi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. HIV dan virus-virus sejenisnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam atau aliran darah. Selain itu, penularan juga bisa terjadi melalui hubungan intim. Dilansir dari Health.Okezpne.com, keadaan statistik terbaru menyatakan bahwa satu dari enam orang memiliki potensi menginfeksi Anda sengan penyakit seksual menular.

5. Wabah pes

Wabah pes disebabkan oleh bakteri yang disebut Yersinia pestis. Bakteri ini dibawa oleh kutu, sedangkan kutu hidup pada tikus. Kutu menyebarkan penyakit ketika mengisap darah tikus atau manusia. Ketahuilah bahwa penyakit pes merupakan penyakit menular yang sangat mematikan. Wabah pes yang disebut juga dengan The Black Death pernah menelan korban sepertiga dari populasi Eropa pada abad ke-14.

Itulah 5 penyakit menular yang banyak dialami oleh orang lain dan menghebohkan dunia karena memakan banyak korban. Jika menemukan gejala-gejala penyakit apapun, maka lebih baik Anda segera pergi ke dokter untuk diperiksa dan diobati. Selain itu, sebisa mungkin Anda selalu sehat agar tak mudah terserang penyakit. (NR)

Comment di sini