RUU Komponen Cadangan: Penolak Wajib Militer Bisa Dipenjara

by
June 4th, 2013 at 3:36 pm
Ist.

Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Rancangan Undang-undang (RUU) Komponen Cadangan terus dibahas oleh Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Undang-undang ini bisa dinilai kontroversi karena diangggap sebagai dasar pelaksanaan wajib militer untuk warga Indonesia.

Dilansir dari Liputan6.com, pengangkatan anggota komponen Komponen Cadangan akan diatur dalam Pasal 8. Dalam Pasal 8 ayat 1 disebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerja, atau buruh yang telah memenuhi persyaratan wajib menjadi anggota Komponen Cadangan.

Kemudian dalam ayat 2 pasal tersebut menyatakan bahwa mantan prajurit TNI yang telah memenuhi persyaratan dan dipanggil wajib menjadi anggota Komponen Cadangan.

Sedangkan dalam ayat 3, warga negara selain yang terdaftar dalam Pasal 1 dan 2 bisa mendaftarkan diri menjadi anggota Komponen Cadangan sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan.

Selain itu dalam RUU tersebut, sejumlah sanksi juga diatur jelas untuk warga Indonesia yang sengaja tidak ikut dalam Komponen Cadangan. Pidana itu diatur dalam Bab VII dari Pasal 38 hingga 42.

Dalam pasal-pasal itu, WNI yang dengan sengaja tidak ikut menjadi Komponen Cadangan bisa dipenjara mulai 6 bulan hingga 2 tahun.

Pidana ini berlaku bagi mereka yang menolak secara langsung maupun menyuruh orang lain untuk tidak ikut Komponen Cadangan dan juga pimpinan instansi yang tidak mengizinkan pegawainya untuk ikut Komponen Cadangan.

RUU yang sangat kontroversial ini tengah menjadi pembicaraan di masyarakat. Meski masih dalam pembahasan dibahas oleh DPR, isu wajib militer ini menimbulkan banyak pro dan kontra di tengah masyarakat. (RN)

Comment di sini