Cara Mengetahui Akun Palsu di Facebook

by
Ist

Ist

CiriCara.comFacebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat mudah untuk mendapatkan akun di sana. Oleh karena itu, banyak orang yang memiliki akun Facebook lebih dari satu dengan tujuan tertentu, seperti mempromosikan bisnis yang dijalankan, hanya sekadar iseng, atau ingin menipu.

Dilansir Inet.Detik.com yang mengutip dari PC Advisor, pada Maret 2013, Facebook mengumunkan jumlah akun pengguna yang terdaftar di situs jejaring sosialnya telah menembus angka 1,06 miliar. Namun sayangnya, 7% atau sekitar 76 juta di antaranya merupakan akun palsu.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckeberg ini mengatakan bahwa setidaknya ada tiga jenis akun palsu tersebut, antara lain akun ganda, akun dengan kesalahan klasifikasi, dan akun yang tak diinginkan.

Dengan adanya akun palsu Facebook tersebut, terkadang ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Sebenarnya ada cara untuk mengetahui akun Facebook itu palsu atau tidak. Bagaimana caranya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mengtahui akun palsu di Facebook:

1. Jarang update status

Sekitar 43% akun palsu di Facebook jarang sekali memperbarui atau meng-update status. Selain itu, akun palsu juga jarang atau mungkin tak pernah memberikan komentar.

Ist

Ist

2. Tak banyak foto yang disimpan

Cara yang paling mudah untuk mengetahui kepalsuan akun Facebook itu yaitu dengan melihat foto di albumnya. Jika tak banyak foto yang disimpan, maka bisa dipastikan bahwa akun tersebut adalah palsu.

3. Memiliki teman di Facebook yang acak

Biasanya pemilik akun Facebook palsu yang bertujuan mempromosikan suatu hal cenderung mencari teman secara acak. Misalnya, dari beberapa daerah bahkan negara. Salah satu tujuannya adalah agar promosinya bisa tersebar secara luas.

4. Pasif dalam semua hal

Pemilik akun Facebook palsu biasanya pasif akan semua hal. Bagi yang sedang mempromosikan sesuatu, mungkin si pemilik akun tak mau diajak chatting karena tidak menuntungkan bagi dirinya.

5. Gunakan fitur di Google Image

Cara yang satu ini memang agak merepotkan, namun efektif. Saat ini, Google sudah memiliki akun untuk mencocokkan gambar. Untuk mengetahui kebenaran akun Facebook tersebut,  Anda bisa meng-upload salah satu foto akun Facebook seseorang di fitur Google Image. Jika banyak foto yang sama keluar, maka akun Facebook tersebut palsu.

Itulah cara mengetahui akun palsu di Facebook. Menurut statistik dari Barracuda Networksm, sekitar 97% akun palsu di Facebook pemiliknya adalah pria yang berpura-pura menjadi wanita. Jika sudah mengetahui tips di atas, maka jangan sampai Anda tertipu dengan akun palsu di Facebook. Semoga bermanfaat. (NR)


comments powered by Disqus