Ciri-ciri Penyakit Jantung Koroner

by
June 5th, 2013 at 11:24 am
Ist

Ist

CiriCara.comPenyakit jantung yang dikenal sebagai “The sillent killer” menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Penyakit jantung bisa saja tiba-tiba muncul dan langsung mematikan tanpa memberikan gejala yang jelas sebelumnya.

Akan tetapi, ada beberapa penyakit jantung yang bisa dikenali dan mungkin bisa dicegah sebelum parah dan menyebabkan kematian. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Jantung koroner memang salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang penduduk Indonesia dan menjadi penyebab kematian ketiga.

Diperkirakan, penyakit jantung koroner akan terus meningkat seiring meningkatnya pendapatan masyarakat. Keadaan ekonomi yang membaik membuat sejumlah orang ingin mengonsumsi makanan-makanan yang enak dan tinggi lemak serta koleterol.

Lemak dan kolesterol itu nantinya akan menutupi dinding pembuluh darah arteri yang memasok makanan ke jantung. Selain itu, pola hidup, pola makan, dan stres juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Lalu, apa ciri-cirinya orang mengalami penyakit jantung koroner?

Dilansir dari beberapa sumber situs kesehatan, berikut ciri-ciri penyakit jantung koroner:

1. Ketidaknyamanan pada dada

Ketidaknyamanan pada dada memiliki hubungan dengan stres secara emosional. Ketidaknyamanan ini bisa berupa seperti ditekan oleh beban yang berat, kontriksi, mengerutnya pembuluh darah, dan ketidakmampuan bernapas.

Ist

Ist

2. Merasa cepat lelah

Sakit pada dada bisa menjalar dari dekat ulu hati ke rahang dan lengan kiri. Selain itu, si penderita jantung koroner juga mudah berkeringat, mual, dan muntah.

3. Kematian otot jantung

Kematian otot jantung ini disebut juga dengan myokard infark. Jika ciri ini dialami, maka gejalanya, seperti nyeri dada yang hebat, mudah berkeringat, mual, muntah, dan hilangnya kesadaran. Kondisi kematian otot ini bisa menyebabkan kematian. Namun terkadang, gejalanya berbeda-beda tergantung pada seberapa banyak otot jantung yang rusak.

Ketahuilah bahwa ciri yang paling khas dari penyakit jantung koroner adalah angina dan terkadang myokard infark. Angina merupakan ketidaknyamanan pada dada dan si penderita merasa cepat lelah, berkeringat, mual, serta muntah. Angina akan bertambah parah jika terjadi pengurangan tenaga secara besar-besaran dalam waktu singkat. Sedangkan pada penyakit jantung koroner yang lebih parah, si penderita akan mengalami gejala myokard infark yang ciri-cirinya sudah disebutkan seperti di atas.

Bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti diabetes, hipertensi, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, dan memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung. alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan medis secara dini.

Ingatlah kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Untuk itu, biasakanlah hidup sehat agar dijauhkan dari penyakit dan tubuh selalu sehat. Anda juga bisa meminum berbagai jus untuk mencegah penyakit jantung. (NR)

Comment di sini