Awas! Stres Meningkat, Jerawat Bertambah

by
June 7th, 2013 at 2:11 pm
Ist

Ist

CiriCara.comWajah berjerawat seringkali membuat banyak orang, khususnya wanita merasa kesal. Jerawat bisa membuat penampilan jadi kurang percaya diri walaupun bisa disiasati dengan berdandan. Untuk itu, mereka yang wajahnya jerawat akan melakukan berbagai cara agar mendapatkan wajah yang bersih dan mulus.

Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan jerawat. Tapi, banyak orang yang mengatakan bahwa kacang dan cokelat merupakan salah satu penyebab utama tumbuhnya jerawat di wajah. Oleh karena itu, mereka membatasi atau mungkin tak mengonsumsinya demi menjaga kecantikan kulit wajah.

Namun, pendapat dari beberapa orang itu ternyata tak disetujui oleh sejumlah ilmuwan. Para ilmuwan mengatakan bahwa sebenarnya ada hal lain yang menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat. Akan tetapi, penyebab tersebut seringkali tak disadari oleh sebagian besar wanita.

Lalu, apa sebenarnya penyebab jerawat itu?

Ist

Ist

Salah satu penyebab utama tumbuhnya jerawat di wajah adalah faktor stres. Banyak hal yang menyebabkan seseorang wanita mengalami stres, antara lain rambut rontok, kuku patah, tubuh gemuk, hingga wajah berjerawat. Mengapa demikian?

Coba Anda ingat kembali pada saat apa saja wajah berjerawat. Biasanya jerawat akan muncul di wajah menjelang menstruasi, ujian, wawancara kerja, atau hal-hal lain yang bisa membuat Anda menjadi stres.

Sejumlah ilmuwan menjabarkan sangat jelas hubungan antara stres dan jerawat dengan bukti medis yang masuk akal. Dilansir dari Vemale.com, para ilmuwan menjelaskan bahwa sel-sel kulit memiliki reseptor atas hormon stres. Reseptor tersebut akan beraksi saat terbentuknya sebum.

Sebum menrupakan kumpulan bakteri yang menutup pori, sel kulit mati, serta debu dan kotoran. Pada saat sebum menyumbat pori, terbentuklah jerawat dan komedo di wajah.

Menurut para ilmuwan, sebum dan minyak di kulit akan diproduksi lebih banyak ketika seseorang sedang stres. Dan karena itulah jerawat akan tumbuh atau semakin banyak di saat seseorang sedang stres.

Untuk itu, para wanita disarankan agar bisa menghindari stres dan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah untuk mencegah jerawat dan mendaptkan kulit wajah yang bersih dan mulus.

Jika sering memakai peralatan kosmetik, maka pilihlah yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Jangan sampai salah memilih kosmetik karena bisa membuat wajah Anda berjerawat dan menimbulkan permasalahan kulit lainnya. Selain itu, baca juga ciri-ciri jerawat stres. (NR)

Comment di sini