Cara Sukses Membuka Usaha Fotokopi

by
June 7th, 2013 at 3:08 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Saat ini, nampaknya sebagian orang lebih suka menjalankan bisnis ketimbang menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan. Mereka berpikir bahwa menjalankan bisnis bisa meraih keuntungan yang lumayan besar. Apakah Anda termasuk orang yang ingin menjalankan bisnis?

Banyak usaha yang bisa Anda kembangkan hingga menghasilkan keuntungan. Mulai dari UKM (Usaha Kecil Menengah) hingga menjalankan bisnis yang besar. Dengan modal yang tak sampai puluhan juta pun Anda bisa membuka suatu usaha baru. Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang tak begitu besar adalah usaha jasa fotokopi.

Usaha jasa fotokopi memang sudah ada sejak lama dan ke depannya akan terus ada karena dipastikan pengguna jasa ini tak akan pernah hilang. Banyak orang dari berbagai kalangan yang membutuhkan jasa fotokopi untuk berbagai keperluan. Jika ingin membuka usaha fotokopi, maka ada beberapa cara sukses yang harus Anda lakukan.

Apa saja cara tersebut? Dilansir dari Usahakecilmodalkecil.com, berikut cara sukses membuka usaha fotokopi:

1. Pilih lokasi yang strategis

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha adalah lokasi. Dalam memilih lokasi untuk membuka usaha fotokopi, sebaiknya cari tempat yang dekat dengan perkantoran, sekolah, universitas, atau keberadaannya mudah diketahui. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan tentunya akan dikunjungi oleh banyak orang, mulai dari siswa, karyawan kantor, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

2. Melakukan riset harga

Ist

Ist

Anda juga perlu melakukan riset harga sebelum membuka usaha jasa fotokopi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai harga yang dipatok oleh usaha fotokopi lain di sekitar tempat Anda buka usaha. Dengan begitu, Anda bisa memasang tarif yang kompetitif untuk menarik minat masyarakat.

3. Memperhatikan mutu dari produk usaha

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat ingin menjalankan usaha fotokopi adalah memperhatikan mutu dari produk usaha. Anda harus memilih mesin yang berkualitas dan memberikan hasil yang maksimal. Tak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan banyak saingan jika membuka usaha ini. Untuk itu, Anda perlu memberikan pelayanan yang maksimal agar usaha bisa maju dan berkembang. Selain itu, cobalah memberikan berbagai inovasi yang menarik ketika menjalankan bisnis tersebut.

4. Memiliki karyawan yang andal

Pelayanan yang baik dan tepat merupakan salah satu hal yang membuat usaha Anda berjalan lancar. Untuk itu, Anda ataupun karyawan harus Andal dalam hal mem-fotokopi, menjilid, melaminating, dan memberikan pelayanan ATK. Dengan begitu, usaha fotokopi yang Anda jalankan memiliki kualitas yang baik di mata masyarakat.

Itulah cara sukses membuka usaha fotokopi. Jika memiliki modal yang tidak terlalu besar, maka Anda bisa membeli mesin fotokopi yang bekas saja namun memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai perlengkapan alat tulis yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Bagaimana, Anda mau membuka usaha fotokopi?

(NR)