Ukuran Kandungan Kecil Saat Hamil Tua? Ini Penyebabnya

by
June 7th, 2013 at 5:00 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Ketika usia kehamilan bertambah, tentunya kandungan juga akan semakin membesar. Akan tetapi, tidak semua wanita hamil memiliki ukuran yang sama pada saat hamil. Misalnya, wanita si A sama-sama menginjak usia kehamilan 7 bulan. Ukuran kandungan antara wanita hamil A dan si B belum tentu sama.

Terkadang, ada seorang wanita hamil yang memiliki ukuran kandungan kecil padahal usia kehamilannya sudah tua. Ukuran kandungan yang kecil dikenal juga dengan sebutan small for dates. Artinya yaitu keadaan di mana kandungan nampak lebih kecil daripada tahapan kehamilan pada umumnya.

Ukuran kandungan yang kecil itu terkadang membuat sejumlah wanita hamil merasa cemas akan kesehatan si jabang bayi. Untuk mengetahui keamanan dan ksehatan si jabang bayi, Anda bisa melakukan USG (Ultrasonografi) atau scan.

Lalu, apa sebenarnya penyebab kandungan kecil padahal usia kehamilan tua? Dilansir dari Female.Kompas.com yang mengutip dari Mother and Baby, berikut 3 penyebab ukuran kandungan kecil saat hamil tua:

Ist

Ist

1. Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol menjadi penyebab umum ukuran kandungan menjadi kecil. Selain itu, bisa juga terjadi karena ada masalah pada bayi itu sendiri yang mungkin secara genetik abnormal atau terkena infeksi.

2. Masalah plasenta

Masalah plasenta berkaitan dengan kondisi kesehatan si ibu yang mungkin mengalami sakit, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit hati.

3. Usia si ibu

Kemungkinan kandungan akan kecil pada saat hamil tua jika si wanita hamil masih berusia 18 tahun atau di atas 35 tahun.

Itulah 3 penyebab ukuran kandungan kecil saat hamil tua. Ada satu kasus di mana seorang wanita hamil yang usia kehamilannya memasuki 8 bulan memiliki ukuran kandungan yang kecil. Setelah diperiksa ternyata si wanita hamil memiliki masalah dengan peredaran darah. Untuk itu, si calon ibu dianjurkan untuk beristirahat dari pekerjaannya. Setelah mengetahui penyebabnya itu, si calon ibu menjalani proses kehamilannya dengan aman.

Pada saat hamil, alangkah baiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Selain itu, banyak-banyaklah bertanya pada sang dokter jika memiliki keluhan. Jika ada masalah, maka Anda pun akan segera mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter. Dengan begitu, Anda dan si jabang bayi akan sehat hingga melahirkan nanti. (NR)

Comment di sini