Rusuh di KJRI Jeddah, 1 TKW Tewas

by
June 10th, 2013 at 12:53 pm
Kantor KJRI Jeddah Dibakar

Kantor KJRI Jeddah Dibakar – Ist

Jeddah (CiriCara.com) – Kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi mengakibatkan 1 tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia tewas. Korban diketahui bernama Marwah binti Hasan, 55 tahun.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budie Utama Razak membenarkan bahwa ada 1 warga negara Indonesia yang tewas. Korban diketahui berasal dari Bangkalan, Jawa Timur.

“Kami bersama putrinya yang juga bekerja di sini (Jeddah),” kata Tatang saat diwawancarai Metro TV, Senin (10/6/2013).

Menurut Tatang, pihak KJRI berencana untuk memfasilitasi pemulangan jenazah Marwah binti Hasan ke Jawa Timur. Namun, pihak KJRI masih kesulitan untuk menghubungi pihak keluarga korban di Indonesia. KJRI saat ini baru akan melakukan pendataan dari identitas yang dimiliki korban.

“Belum punya kontak keluarga (korban),” jelas Tatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu (9/6/2013) waktu setempat, sekitar 8.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) mengamuk di kantor KJRI di Jeddah, Arab Saudi. Mereka membakar sejumlah fasilitas KJRI dan melempari sejumlah petugas keamanan dengan batu dan botol air mineral.

Kekesalan para TKI itu dipicu lantaran lambannya pelayanan pihak KJRI dalam proses pengurusan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Padahal, surat tersebut akan digunakan para TKI untuk membuat paspor dan izin tinggal.

Ribuan TKI itu telah menunggu lama, namun tak kunjung dilayani pihak KJRI. Kesal karena merasa diabaikan, Mereka pun kemudian emosi dan langsung menyerang gedung KJRI Jeddah, Arab Saudi.

Berkas SPLP itu sendiri juga akan digunakan para TKI untuk melakukan pemutihan. Pasalnya, mereka akan dianggap sebagai pekerja asing ilegal jika tidak mempunyai SPLP. Jika tidak memiliki SPLP, maka mereka harus meninggalkan Arab Saudi. (YG)

Comment di sini