Taufiq Kiemas dan Empat Pilar Negara

by
June 10th, 2013 at 11:27 am

Jakarta (CiriCara.com) – Wafatnya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas menyisakan duka yang mendalam bagi orang-orang terdekat yang ditinggalkannya.

Almarhum Taufiq Kiemas / Kompas

Almarhum Taufiq Kiemas / Kompas

Taufiq Kiemas meninggal dunia pada hari Sabtu malam, 9 Juni 2013 di sebuah rumah sakit swasta di Singapura. Taufiq meninggal dunia pada usia ke-70 tahun akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.

Diberitakan oleh MetroTVnews.com, menurut pendapat dari Hajriyanto Y. Thohari, Wakil Ketua MPR, almarhum Taufiq Kiemas merupakan seorang tokoh besar yang dimiliki Indonesia. Salah satu warisan berharga yang ditinggalkan Taufiq Kiemas adalah gerakan sosialisasi empat pilar negara.

Empat pilar negara yang dimaksud oleh Taufiq Kiemas adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Empat pilar negara tersebut dibuat oleh Ketua MPR dalam rangka menjaga keberlangsungan NKRI.

“Sebagai wakil ketua, saat beliau memperkenalakan konsep empat pilar pada awal kepemimpinan, kami sempat terkejut. Karena begitu jauhnya pandangan beliau ke depan, dalam rangka memelihara keberlangsungan NKRI,” kata Hajriyanto, Minggu, 9 Juni 2013 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur seperti dikutip oleh sumber berita, MetroTVnews.com.

Taufiq mengatakan bahwa ia siap melakukan apapun demi empat pilar negara tersebut meskipun kondisi kesehatannya semakin menurun dari hari ke hari.

Sebelum meninggal dunia, almarhum ditemani oleh istri tercinta, anak-anak, dan cucu-cucunya. Taufiq Kiemas sempat berpesan agar semua orang yang ia kenal bisa hidup dalam damai dengan semua pihak. (RN)

Comment di sini