Taufiq Kiemas Pernah Prediksikan SBY Jadi Presiden RI

by
June 10th, 2013 at 9:33 am

Jakarta (CiriCara.com) – Almarhum Taufiq Kiemas dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata sudah lama berteman. Bahkan mereka berdua berteman sebelum keduanya menjabat posisi penting dalam Pemerintahan Republik Indonesia.

Dilansir dari Detik.com, Taufiq Kiemas sebelumnya dikenal aktif dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dalam GMNI, Taufiq juga bertemu dengan banyak tokoh dari berbagai kalangan termasuk dari kalangan militer yang di dalamnya terdapat SBY.

Waspada

Waspada

Taufiq berkenalan dengan SBY sejak Presiden RI tersebut masih menjadi perwira menengah sekitar tahun 1990-an.

Menurut Taufiq kala itu, SBY memiliki potensi cukup besar untuk menjadi seorang pemimpin bangsa.

“Suatu kali, aku ditanya August Parengkuan yang ketika itu masih wartawan Kompas, siapa perwira muda yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa dan negara. Aku menyebut beberapa nama, dan salah satunya SBY,” kata almarhum Taufiq Kiemas seperti yang ditulis dalam buku ‘Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam: 70 Tahun Taufiq Kiemas’ dan dikutip oleh Detik.com, Senin, 10 Juni 2013.

Kemudian perkenalan Taufiq dan SBY berlanjut dengan saat SBY duduk sebagai Ketua Fraksi ABRI MPR dalam Sidang Istimewa MPR Tahun 1998 silam. Mereka berdua masih terus berteman ketika SBY masuk dalam kabinet Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi dan sebagai Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan.

Kemudian ketika istri dari Taufiq Kiemas, Megawati menjadi Presiden RI kelima, Taufiq dan SBY sering bertemu dan berdiskusi tentang masalah politik dan keamanan negara.

Ada sesuatu yang unik dalam pertemanan antara Taufiq dan SBY. Suami dari Megawati itu ternyata pernah menyebut SBY sebagai seorang jenderal yang kekanak-kanakan terutama saat ia memutuskan untuk maju sebagai Calon Presiden pada tahun 2004. Padahal saat itu, SBY masih menjabat sebagai seorang Menko Polkam di era pemerintahan Megawati. (RN)

Comment di sini