Video: TKI Bakar Gedung KJRI di Jeddah

by
June 10th, 2013 at 10:14 am

Jeddah (CiriCara.com) – Ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tiba-tiba saja mengamuk dan membakar plastik di gedung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Jeddah, Arab Saudi. Mereka merasa diabaikan karena tak kunjung dilayani oleh pihak KJRI.

Gedung KJRI Jeddah Dibakar - Youtube

Gedung KJRI Jeddah Dibakar – Youtube

Sejumlah TKI merasa emosi lantaran telah antre sejak lama namun tak kunjung dilayani. Mereka saat itu tengah mengantri untuk mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (LPSP) untuk mendapatkan amnesti atau pemutihan.

Surat tersebut dibutuhkan untuk membuat paspor atau izin tinggal. Pada Minggu (9/6/2013) waktu setempat, sejumlah TKI yang emosi langsung membakar pembatas antrian. Tidak hanya itu, mereka juga melempari kantor KJRI dengan batu.

“Para TKI melempari batu, dan botol air minum ke polisi,” ujar salah satu saksi mata yang tidak bersedia disebutkan namanya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (10/6/2013).

Kerusuhan tersebut sempat direkam dalam sebuah video yang sudah diunggah ke Youtube oleh akun bernama Ipank Nawal. Berikut videonya:

Dugaan sementara, para TKI tersebut melakukan tindakan anarkis karena terprovokasi oleh pihak tertentu. Pasalnya, ada yang menyebarkan berita bahwa hari Minggu (9/6/2013) adalah hari terakhir pengurusan SPLP. Padahal, pengurusan SPLP tersebut baru akan berakhir pada 3 Juli mendatang.

(YG)

Comment di sini