8 Ciri Kanker Payudara Stadium Awal

by
Kanker payudara - Sheknows

Kanker payudara – Sheknows

CiriCara.com – Bukan hanya kanker serviks saja penyakit yang ditakuti sebagian besar wanita, tapi begitu juga dengan kanker payudara. Kanker payudara atau karsinoma payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Jenis kanker ini biasanya dialami oleh wanita, tapi bisa juga dialami oleh pria walaupun sangat jarang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti jumlah kasus kanker payudara akan meningkat. Frekuensi kasus penyakit kanker ini relatif tinggi di negara maju dan merupakan terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya.

Di Indonesia, kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker serviks. Untuk itu, penyakit kanker ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi sejumlah wanita di Indonesia. Agar tak terkena kanker payudara, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi beberapa makanan sehat untuk mencegah kanker payudara, seperti ikan salmon, sayur berdaun hijau, brokoli, buah delima, dan kacang brazil.

Kanker payudara pada wanita - Ist

Kanker payudara pada wanita – Ist

Selain mengetahui pencegahannya, tak ada salahnya juga jika Anda mengetahui gejala awal kanker payudara. Jika mengetahuinya sejak awal, maka Anda juga bisa mengatasinya dengan cepat. Berikut ciri-ciri kanker payudara stadium awal:

1. Bentuk puting berubah (masuk ke dalam atau terasa sakit terus-menerus).

2. Kerusakan pada puting hingga mengeluarkan darah.

3. Payudara terasa panas, memerah, dan bengkak.

4. Ada luka di payudara yang sulit sembuh.

5. Terasa sakit atau nyeri.

6. Muncul benjolan (Benjolan agak keras dan tidak bergerak).

7. Terasa gatal di daerah puting.

8. Adanya kerutan-kerutan seperti jeruk purut pada kulit payudara.

Itilah 8 ciri kanker payudara stadium awal. Pada stadium lanjut, biasanya akan timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit. Jika mengalami gejala atau ciri-ciri seperti di atas, maka segeralah ke dokter untuk ditangani dengan tepat. Anda bisa melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhkan jika masih pada stadium awal. (NR)


comments powered by Disqus