Cara Agar Akun Facebook Tidak Di-hack

by
Facebook di-hack - Ist

Facebook di-hack – Ist

CiriCara.com – Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang masih populer hingga saat ini, terlebih di Indonesia. Orang-orang di Indonesia dari berbagai kalangan sebagian besar memiliki akun di jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg.

Semenjak diluncurkannya pada bulan Februari 2004, banyak orang yang mengeluh bahwa akun Facebook-nya di-hack oleh hacker sehingga banyak dari mereka yang meminta pertolongan. Selain itu, mereka yang megaku kehilangan akun Facebook-nya juga ada yang memilih untuk membuat akun baru di Facebook.

Agar akun Facebook tidak dihack oleh para hacker, sebenarnya ada beberapa cara yang perlu dilakukan. Apa saja? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara agar akun Facebook tidak di-hack:

1. Jangan menerima pertemanan yang mutual friends-nya sedikit

Jika mutual friends-nya sedikit, maka bisa jadi orang itu berniat jahat untuk mengambil akun Facebook yang Anda miliki. Selain itu, jika ada seorang hacker yang memiliki 3 akun Facebook di pertemanan Anda, maka bersiaplah beberapa lama lagi akun Facebook akan dihack. Untuk itu, terimalah teman yang dikenbal saja atau mutual friends-nya sudah banyak.

2. Jangan sembarangan memberikan email Facebook

Jangan pernah memberikan email kepada publik secara bebas. Email Facebook kamu sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri atau teman-teman terdekat saja. Jangan memberikan email kepada orang yang baru dikenal dari Facebook. Tujuannya adalah agar akun Facebook Anda tidak mudah dihack.

3. Buat kata sandi yang aneh

Ilustrasi hacker - Ist

Ilustrasi hacker – Ist

Agar tidak dihack, buatlah kata sandi atau password yang aneh namun mudah diingat. Misalnya, 10_Delta. Jangan menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan diri Anda atau memakai huruf atau angka saja karena sangat mudah ditebak oleh hacker.

4. Jangan memperlihatkan terlalu banyak data diri

Jangan memperlihatkan terlalu banyak data diri Anda di akun Facebook karena bisa saja kesempatan hacker untuk menjebol kata sandi Anda itu besar.

5. Rutin mengganti kata sandi

Jika tak ingin terkena hack, maka rutinlah mengganti kata sandi, setiap 2 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika si hacker sudah hampir tahu kata sandi akun Facebook Anda.

6. Selalu ingat alamat email

Tips keenam adalah Anda disarankan untuk selalu ingat Gmail atau Yahoo untuk membuat Facebook karena segala aktivitas atau notifikasi yang dilakukan di Facebook akan masuk ke email utama. Untuk itu, Anda harus mengingat kata sandinya karena jika terkena hack bisa langsung membuka email utama, lalu reset kata sandi.

7. Jangan sembarangan mengklik link

Jangan sembarangan mengklik link yang aneh dan tidak jelas sumbernya. Link tersebut bisa merekam kata sandi Anda ketika mengklik-nya. Untuk itu, abaikan saja link-link yang aneh itu ketika kamu sedang menyalakan chatting-an di Facebook.

Itulah cara agar akun Facebook tidak dihack. Pada intinya, Anda disarankan untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial, Facebook. Perlu diingat juga untuk tidak menyamakan password email utama dengan Facebook agar tidak mudah dihack. Semoga bermanfaat!

(NR)


comments powered by Disqus