Cara Aman Berolahraga Saat Hamil

by
June 11th, 2013 at 9:49 am
Ibu hamil olahraga - Ist

Ibu hamil olahraga – Ist

CiriCara.com – Saat wanita mengandung, organ-organ tubuh akan bekerja dua kali. Oleh karena itu, banyak wanita hamil yang mudah merasa lelah, sering sakit pinggang, pusing, dan mudah  terkena sakit kepala. Selain itu, wanita hamil juga disarankan agar tidak melakukan kegiatan berlebih yang bisa membuatnya kelelahan.

Namun pada saat hamil bukan berarti tidak melakukan apa-apa dan bermalas-malasan saja. Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk berolaraga demi meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan kehamilannya.

Dilansir dari Health.detik.com, dr Ali Sungkar, SpOG dari RS Brawijaya Jakarta Selatan mengatakan bahwa wanita hamil tidak diharamkan untuk berolahraga. Justru sangat disarankan untuk menjaga kebugaran dan metabolisme tubuhnya. Dengan berolahraga, aliran darah juga lancar sehingga janin ikut sehat.

Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh wanita hamil. Olahraga yang aman dan paling bagus untuk ibu hamil adalah yoga dan berenang karena tidak banyak memicu guncangan yang membahayakan si ibu dan si janin. Sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tujuannya adalah agar kondisi Anda dan si bayi tetap sehat dan aman.

Berenang saat hamil - Ist

Berenang saat hamil – Ist

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan? Dilansir dari Femalefirst.co.uk, berikut cara aman berolahraga saat hamil:

1. Melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya.

2. Meminum banyak air putih.

3. Jangan berolahraga saat udara panas, melakukan aktivitas berat, dan ekstrem.

4. Detak jantung Anda sebaiknya tidak lebih dari  140 kali per menit.

5. Tetap aktif dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, selalu berjalan santai pada pagi atau sore hari selama 30 menit – 1 jam.

6. Jangan berolahraga yang membutuhkan keseimbangan lebih. Ketahuilah bahwa perut yang besar bisa membuat Anda jatuh.

7. Bagi si ibu yang usia kehamilannya pada trisemester pertama, jangan berolahraga yang mengharuskan Anda untuk berbaring di lantai. Olahraga tersebut bisa membuat aliran darah terganggu karena adanya tekanan di perut.

Inti dari olahraga kehamilan adalah untuk memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menjaga kebugaran  tubuh, menyiapkan otot-otot persalinan tanpa menyebabkan stres atau gangguan terhadap janin yang sedang di kandung. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil, antara lain berenang, yoga, jalan santai, senam hamil, dan peregangan.

Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dahulu kepada dokter jika memiliki riwayat keguguran atau kehamilan yang bermasalah. Jika merasa tidak nyaman, maka  Anda bisa langsung menanyakan keluhan kepada sang dokter atau bidan sehingga mendapatkan penanganan yang tepat. (NR)

Comment di sini