Tips Diet: 7 Makanan yang Dilarang Saat Diet

by
Makanan saat diet - Thinkstock

Makanan saat diet – Thinkstock

CiriCara.com – Ada beberapa orang yang sedang diet tidak makan sama sekali atau hanya makan satu kali saja dalam sehari. Ketahuilah bahwa diet yang benar itu bukanlah seperti itu. Diet yang benar adalah Anda tetap makan seperti biasa, tapi cerdas dalam memilih menu makanan yang akan diasup.

Untuk itu, pilihlah menu-menu yang memang dibutuhkan nutrisinya untuk tubuh dan bukan hanya berkumpul menjadi lemak di tubuh. berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat diet, antara lain makanan yang mengandung banyak protein, serat, dan jenis makanan sehat lainnya.

Makanan tersebut bisa Anda temukan pada sayuran berwarna hijau, aneka warna buah-buahan, berbagai jenis ikan, dan lain seagainya. Di samping mengetahui makanan apa saja yang boleh dikonsumsi, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat diet.

Jenis makanan ini jika Anda konsumsi bisa menggagalkan diet Anda. Makanan apa saja itu? Dilansir dari Vemale.com, berikut 7 makanan yang dilarang saat diet:

1. Kentang goreng

Kentang goreng - Ist

Kentang goreng – Ist

Sejumlah orang mengatakan bahwa kentang bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi. Hal tersebut memang benar asalkan kentang itu dikukus. Banyak orang yang salah mengartikan sehingga kentang yang digoreng atau dibakar dengan aneka bumbu pun akan dilahapnya juga.

2. Roti tawar

Roti tawar - Ist

Roti tawar – Ist

Sebenarnya roti juga boleh Anda konsumsi pada saat diet. Namun, bukan roti tawar atau roti yang berisi cokelat, keju, atau aneka rasa lainnya. Roti yang disarankan untuk para pelau diet adalah roti gandum. Roti jenis ini bisa Anda lahap saat sarapan atau dijadikan camilan pada siang hari. Roti gandum ini mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Camilan yang banyak mengandung gula

Aneka makanan manis - Ist

Aneka makanan manis – Ist

Pada saat diet, jangan mengonsumsi aneka camilan yang banyak mengandung gula, seperti kue-kue manis, cokelat, permen, dan makanan yang banyak mengandung gula lainnya. Camilan yang disarankan untuk pelaku diet adalah buah. Buah mengandung gula alami dan manisnya juga tidak berlebihan.

4. Junk food atau makanan sampah

Junk food - Ist

Junk food – Ist

Jika mengonsumsi junk food tanpa nasi, maka hal tersebut tetap bisa membuat diet Anda gagal. Latihan dan usaha menurunkan berat badan selama seminggu itu akan sia-sia. Untuk itu, pastikan Anda menghindari untuk mengonsumsi junk food pada saat diet.

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda - Ist

Minuman bersoda – Ist

Segala jenis minuman bersoda, sekalipun yang berlabel low fat sangat tidak dianjurkan untuk diminum pada saat Anda sedang diet. Soda tidak akan membantu menurunkan berat badan dan biasanya malah membuat perut Anda menjadi buncit. Minuman yang baik untuk dikonsumsi pada saat diet adalah air mineral.

6. Jus buah dalam kemasan

Jus buah - Ist

Jus buah – Ist

Jus buah dalam kemasan biasanya mendapat tambahan gula dan mengandung pengawet. Sekalipun terdapat kandungan vitaminnya, namun tidak disarankan bagi Anda yang sedang diet. Alangkah baiknya untuk meminum jus buah dari buah aslinya saja dan tanpa tambahan gula.

7. Susu whole fat

Susu whole fat - Ist

Susu whole fat – Ist

Tubuh memang membutuhkan kalsium saat sedang diet, tapi produk susu yang dibutuhkan bukanlah yang whole fat. Pada saat diet, pilihlah susu skim sehingga tak menambah beban Anda membakar lemak. ketahuilah bahwa susu kedelai merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet. Selain rasanya yang lezat, susu kedelai juga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah 7 makanan yang dilarang saat diet. Alangkah bainya Anda menjauhi makanan tersebut agar proses penurunan berat badan berhasil. Pastikan Anda memenuhi 7 nutrisi ini saat sedang diet. (NR)


comments powered by Disqus