Cara Agar Tak Tertipu dengan Kosmetik Palsu

by
June 12th, 2013 at 11:41 am
Teliti sebelum membeli kosmetik - Ist

Teliti sebelum membeli kosmetik – Ist

CiriCara.com – Wanita yang ingin tampil cantik dan sempurna biasanya akan berdandan atau memakai make up. Dengan memakai foundation, bedak, eyeshadow, eyeliner, blush on dan lipstik bisa membuatnya jadi terlihat cantik mempesona.

Akan tetapi bagi Anda yang suka berdandan sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan yang akan dipakai. Saat ini banyak sekali produk kecantikan atau kosmetik yang berbahaya atau palsu yang dijual di pasaran.

Dilansir dari Wolipop.com, angka penjualan kosmetik palsu yang beredar semakin meningkat. Jumlah perdagangan kosmetik palsu yang ada si pasaran saat ini sebanyak 15 – 20 persen. Adanya peningkatan itu dikarenakan masih banyak kaum hawa yang tergiur dengan harga murah tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya.

Padahal, produk kecantikan yang mengiming-imingi bisa membuat kulit Anda putih itu belum tentu mengandung bahan yang aman bagi kulit. Ketahuilah produk-produk palsu yang beredar di pasaran itu bisa membahayakan kulit dan organ tubuh Anda. Untuk itu sangat disarankan agar Anda cerdas dan teliti saat membelinya.

Dilansir sumber yang sama, berikut cara agar tidak tertipu dengan kosmetik palsu:

1. Membeli di distributor resmi

Kosmetik - Ist

Kosmetik – Ist

Salah satu cara yang perlu Anda lakukan agar tak tertipu dengan kosmetik asli yaitu membelinya di distibutor resmi. Jika membelinya tak di distributor resmi, maka Anda akan berpotensi mendapatkan kosmetik palsu.

2. Mengecek kandungan produk

Ketahuilah bahwa produk kosmetik yang berbahaya itu mengandung merkuri, hidrokinon, resornisol, dan raksa. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda para wanita agar selalu teliti melihat kandungan yang tertera. Jangan membeli atau memakai produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya tersebut karena bisa membuat kulit Anda iritasi, kerusakan saraf, dan organ tubuh bagian dalam. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak 6 bahaya kosmetik bermerkuri bagi kesehatan.

3. Pilih yang mendapat kode izin edar

Ketahuilah bahwa produk kecantikan yang resmi itu memiliki kode izin edar. Untuk mengetahui apakah sebuah merek kosmetik itu memiliki izin edar atau tidak, Anda bisa langsung mengeceknya di situs BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dari situ Anda bisa melihat merek produk kecantikan yang mendapat kode izin edar. Selain itu, biasanya kode izin edar juga dicantumkan di produk tersebut.

4. Hati-hati saat membeli secara online

Saat ini banyak sekali produk-produk kecantikan yang dijual di media online, seperti Facebook, Instagram, dan berbagai situs penjualan lainnya. Dengan menjualnya secara online, mungkin calon pembeli akan mudah untuk mendapatkannya. Namun, Anda harus berhati-hati ketika membelinya secara online. Tetaplah perhatikan kandungan, kemasan, label, dan kode izin edar dari produk kecantikan tersebut.

Itulah cara agar tak tertipu membeli kosmetik palsu. Jika ingin cantik, maka Anda juga perlu cerdas memilih produk kecantikan mana yang akan dipakai. Jangan sampai tertipu dengan produk kecantikan palsu karena bisa membahayakan diri Anda sendiri, seperti sesak napas dan penyakit ginjal. (NR)

Comment di sini