Cara Aman Berpergian Naik Pesawat

by
June 12th, 2013 at 2:42 pm
Berpergian naik pesawat - Ist

Berpergian naik pesawat – Ist

CiriCara.com – Saat ini nampaknya siapapun bisa berpergian dengan menggunakan pesawat. Harga tiket pesawat semakin terjangkau, bahkan terkadang harganya bisa bersaing dengan alat transportasi lainnya, seperti bus atau kereta.

Pesawat terbang kini menjadi pilihan beberapa orang untuk berpergian ke luar kota. Selain harganya yang cukup terjangkau, berpergian menggunakan pesawat juga lebih cepat. Namun, yang berbeda dari alat transportasi lain adalah Anda harus check-in dahulu sebelum masuk ke dalam pesawat.

Setelah check-in, Anda juga harus menunggu di boarding room atau ruang tunggu sampai ada informasi yang menyuruh Anda untuk masuk ke dalam pesawat sesuai dengan nomor pesawat yang tertera di tiket.

Bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, mungkin akan merasa kebingungan atau takut. Hilangkan rasa takut itu dan simak beberapa tips berikut ini mengenai cara aman saat berpergian naik pesawat:

1. Berdoa sebelum berangkat

Jangan lupa berdoa sebelum Anda berangkat atau pesawat lepas landas. Meminta perlindunganlah kepada sang Pencipta agar selalu diberi keselamatan. Bagaimanapun juga, Anda tak mengetahui apa yang akan terjadi nanti.

2. Makan sebelum berangkat

Tetap tenang dalam pesawat - Ist

Tetap tenang dalam pesawat – Ist

Makan dan minum sebelum berangkat akan membuat Anda merasa lebih fit selama perjalanan. Hal tersebut sangat penting dilakukan juga jika penerbangan Anda cukup memakan waktu yang lama. Selain itu, Anda juga bisa membawa makanan ringan atau air mineral. Jika tak ingin repot, maka Anda juga bisa membelinya saat berada di dalam pesawat nanti.

3. Ikuti petunjuk pramugari/pramugara

Untuk keamanan, Anda perlu mematuhi petunjuk dari pramugari/pramugara. Para pramugari/pramugara akan memberikan petunjuk demi keselamatan jika terjadi kerusakan atau kecelakaan pesawat. Selain itu, Anda juga bisa membaca berbagai intruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat.

Pastikan alat komunikasi, seperti ponsel dimatikan saat pesawat hendak lepas landas. Ketahuilah bahwa sinyal ponsel bisa mengganggu sistem komunikasi pada pesawat dan mengakibatkan kecelakaan. Jika melanggarnya, maka Anda juga akan dikenakan sanksi. Jangan lupa juga untuk memakai sabuk pengamanan selama di dalam pesawat.

4. Pilih jam penerbangan yang tepat

Alangkah baiknya jika memilih jam penerbangan yang tidak terlalu malam. Tujuannya adalah demi faktor keamanan agar tak terjadi hal yang diinginkan. Bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, lebih baik pilihlah jam penerbangan pada pagi atau siang hari saja. Jam-jam penerbangan seperti itu membuat Anda jadi bisa melihat pemandangan.

5. Membawa obat-obatan dan keperluan pribadi

Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu, alangkah baiknya membawa obat-obatan pribadi. Bagi wanita yang sedang hamil, Anda juga harus mempersiapkan segala keperluan, seperti obat anti mual dari dokter, memakai stocking untuk mencegah pembekuan darah, dan tidak memakan makanan yang mengandung gas.

Itulah cara aman berpergian naik pesawat. Alangkah baiknya Anda tiba di bandara selambat-lambatnya satu jam sebelum keberangkatan. Tujuannya adalah untuk menghindari antrean saat check-in. Lebih baik menunggu di boarding room, daripada Anda harus terburu-buru apalagi ketinggalan pesawat. (NR)

Comment di sini