Cara Tepat Menyimpan Bahan-bahan Dapur

by
June 12th, 2013 at 4:56 pm
Tips menyimpan sayuran - Ist

Tips menyimpan sayuran – Ist

CiriCara.com – Berbagai jenis bahan dapur jika tidak disimpan dengan benar tentunya akan mudah layu atau busuk. Bahan-bahan dapur, seperti segala jenis sayuran, buah, dan bumbu-bumbu merupakan bahan alami yang memiliki keterbatasan.

Menyimpan berbagai jenis bahan dapur di kulkas tidak menjamin bisa awet atau tahan lama. Bahkan terkadang menyimpan bahan dapur di kulkas bisa membuat proses pembusukan lebih cepat. Ketahuilah bahwa ada beberapa bahan dapur yang tak boleh disimpan di dalam kulkas, antara lain tomat, kemangi, bawang, alpukat, dan kentang.

Walaupun begitu, masih ada beberapa bahan-bahan dapur yang boleh disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan Anda menyimpannya dengan cara yang benar. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara menyimpan bahan-bahan dapur di kulkas agar awet:

1. Bungkus daun-daun dengan plastik

Untuk sayuran hijau, Anda bisa mengikatnya seperti buket bunga. Lalu, bungkus dengan plastik dan ikat dengan karet. Cara ini bisa membuat sayuran hijau tersebut jadi tak mudah layu atau tetap segar.

2. Simpan daun bawang dalam botol plastik

Jika ingin daun bawang Anda tetap awet, maka simpanlah dengan cara yang benar. Caranya, iris daun bawang sesuai selera, lalu letakkan dalam botol plastik. Pastikan keduanya dalam kondisi kering saat dimasukkan sehingga terhindar dari pembusukan.

3. Jangan simpan kentang dekat dengan bawang

Menyimpan sayuran dalam kulkas - Ist

Menyimpan sayuran dalam kulkas – Ist

Sebaiknya Anda tidak menyimpan kentang berdekatan dengan bawang-bawangan. Simpan keduanya dalam tempat yang berbeda-beda. Letakkan pada tempat yang sejuk dan kering sehingga bawang bisa tahan hingga 2-3 bulan.

4. Simpan kentang dan apel secara berdekatan

Untuk menghindari tumbuhnya tunas pada kentang, Anda bisa menyimpannya berdekatan dengan apel. Dengan begitu, kentang-kentang yang Anda punya akan lebih segar dan siap pakai.

5. Pisahkan apel yang rusak

Apel yang sudah mulai busuk, sebaiknya Anda singkirkan atau jauhkan dari apel yang lainnya. Jika tidak, maka akan mempengaruhi buah apel yang lainnya. Sebelum diletakkan dalam kulkas, sebaiknya Anda cuci hingga bersih dahulu, lalu simpan.

6. Bungkus pisang dalam plastik

Pisang merupakan salah satu buah yang cepat sekali matangnya. Untuk membuatnya lebih awet hingga 3-5 hari, Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik.

7. Oleskan mentega pada keju

menyimpan keju di dalam kulkas terkadang membuat teksturnya jadi tidak baik. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengoleskan sedikit mentega.

Itulah cara tepat menyimpan bahan-bahan dapur agar awet. Jangan lupa juga untuk sering membersihkan kulkas. Kulkas yang kotor bisa membuat kualitas bahan dapur yang disimpan jadi tidak berkualitas baik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tempat di mana harus menyimpan bahan-bahan dapur tersebut. (NR)

Comment di sini