Cara Tepat Merawat Rambut Bayi

by
June 12th, 2013 at 1:31 pm
Merawat rambut bayi - Ist

Merawat rambut bayi – Ist

CiriCara.com – Tak semua bayi yang baru lahir memiliki rambut yang banyak dan bagus. Sejumlah bayi yang baru lahir ada juga yang hanya memiliki sedikit rambut atau tidak memiliki rambut sama sekali. Bagi ibu yang memiliki bayi berambut tipis mungkin akan merasa cemas.

Biasanya beberapa ibu menginginkan anaknya memiliki rambut yang banyak dan bagus. Namun, jika hal tersebut tak dimiliki oleh anak Anda sekarang, sebaiknya jangan khawatir karena rambut bayi akan tumbuh dengan sendirinya.

Walaupun rambut si bayi akan tumbuh dengan sendirinya, namun Anda juga harus tetap merawatnya dengan baik. Tujuannya adalah agar rambut si bayi tumbuh sehat dan bagus. Kulitnya yang masih sensitif itu diperlukan perawatan rambut yang tepat. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Vemale.com, berikut cara tepat merawat rambut bayi:

1. Memakai sisir yang tepat

Bagaimana sisir yang tepat untuk si anak? Pilihlah sisir yang bergigi jarang dengan ujungnya yang lembut. Memakai sisir yang tepat untuk anak menghindari kusut dan rambut yang tertarik secara paksa sehingga menimbulkan rasa sakit saat disisir. Untuk memastikan kelembutan sisir itu, Anda bisa mencoba menggerakannya dahulu ke punggung tangan. Jika terasa kasar, maka cobalah cari sisir yang lain.

2. Mengeramasinya 2-3 kali seminggu

Memakai sampo khusus bayi - Ist

Memakai sampo khusus bayi – Ist

Anda tak perlu membersihkan rambut bayi setiap hari. Rambut si bayi hanya perlu dicuci atau dikeramasi 2-3 kali saja dalam seminggu. Gunakan air hangat untuk membasuh kepalanya. Selain itu, berhati-hatilah saat mengusap kulit kepalanya karena tempurung bayi biasanya masih lunak.

3. Memakai sampo khusus bayi

Sampo yang tepat untuknya adalah sampo khusus bayi. Sampo khusus bayi bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko atau mini market. Sampo khusus bayi biasanya mengandung formula yang tidak pedih di mata dan memiliki pH yang disesuaikan dengan kondisi kulit kepala si bayi atau balita. pastikan juga sampo tidak mengalir mengenai mata. Jika si bayi aktif bergerak, maka Anda bisa memakaikan topi khusus untuk keramas. Topi bisa dipakaikan pada bayi di atas usia 9 bulan dan balita.

4. Tak perlu memakaikan kondisioner

Tak perlu memakaikan kondisioner atau krim rambut pada bayi yang baru lahir. Kondisioner atau krim lambut itu biasanya untuk melembutkan rambut. Namun, Anda bisa memakaikannya pada saat bayi bertambah usian atau rambutnya sudah panjang.

5. Merapikan rambut secara teratur

Pada saat rambut si bayi sudah mulai panjang, Anda harus rajin-rajin merapikannya dengan cara memotong. Untuk bayi, Anda bisa merapikannya pada saat mereka sedang tidur atau setelah mandi. Cara lain, Anda bisa meminta bantuan orang lain.

Itulah cara tepat merawat rambut bayi. Jika Anda pintar merawat rambutnya sejak kecil, maka saat dewasa nanti rambut si anak akan sehat dan indah. (NR)

Comment di sini