PKS Dikeluarkan dari Koalisi SBY

by
June 12th, 2013 at 4:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Koalisi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono resmi mengeluarkan jajaran Partai Keadian Sejahtera (PKS).

Partai Keadilan Sejahtera - Ist.

Partai Keadilan Sejahtera – Ist.

Menanggapi pengeluaran PKS dari koalisi SBY – Boediono itu, PKS mengaku sudah mengetahuinya sejak jauh hari.

Hal senada disampaikan oleh Wasekjen PKS, Fahri Hamzah di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2013.

“Pertengahan pekan lalu, seseorang dari pihak Istana sudah memberitahu salah seorang menteri PKS. PKS sudah dikeluarkan dari koalisi,” kata Fahri seperti dikutip oleh sumber berita, Tribunnews.com.

Karena sudah mendapat informasi tersebut, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) berencana akan menggelar pertemuan dengan Majelis Syuro.

“Karena yang bersangkutan diberitahu, Presiden SBY menulis surat secara resmi kepada partai tentang pemberitahuan itu,” tuturnya.

PKS mengaku diberikan surat keluar dari koalisi pada hari Sabtu, 8 Juni 2013 lalu namun sampai Senin, 10 Juni 2013 lalu surat yang ditunggu tidak juga datang.

Akibat tertundanya surat tersebut, acara Majelis Syuro dibatalkan. Pihak PKS kali ini sedang menunggu kelanjutan pemberitahuan secara lisan dari pihak Istana melalui surat atau pemberitahuan tertulis.

Kebenaran pengeluaran PKS dari koalisi ini dibuktikan dengan tidak diundangnya PKS dalam acara Setgab (Sekretariat Gabungan) di JCC Senayan pada Selasa malam, 11 Juni 2013 kemarin.

Saat ini pihak PKS sedang menunggu surat keputusan dari Presiden. Setelah mendapat surat keputusan itu, PKS akan mengadakan pertemuan Majelis Syuro.

Sementara itu DPTP sendiri juga sudah bersiap-siap. Sore ini DPTP PKS berkumpul di kediaman Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin di Lembang, Bandung untuk  mengadakan rapat. (RN)

Comment di sini