7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk

by
June 13th, 2013 at 3:00 pm

CiriCara.com – Nyamuk memang tak bisa dipandang sebelah mata. Satu gigitan nyamuk saja bisa membuat seseorang merasa gatal bahkan demam hingga akhirnya meninggal dunia.

Untuk itu banyak orang yang berusaha mengusirnya dengan berbagai cara, seperti memasang obat nyamuk bakar, menyemprotkan obat nyamuk, atau memakai lotion obat nyamuk,

Selain dengan cara tersebut, ada cara alami lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menanam beberapa tanaman di pekarangan rumah. Lalu, jenis tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk?

Dilansir Vemale.com, berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir nyamuk:

1. Lavender

Lavender - Ist

Lavender – Ist

Jenis bunga satu ini memang terkenal sebagai pengusir nyamuk alami. Beberapa obat nyamuk lotion juga terkadang menggunakannya. Lavender memiliki aroma yang khas dan segar untuk membantu mengusir nyamuk dari area rumah jika diletakkan di beberapa sudut ruangan. Namun, berhati-hatilah dalam menyimpan atau meletakannya karena bunga lavender juga disukai oleh semut.

2. Rosemary

Rosemary - Ist

Rosemary – Ist

Rosemary biasanya digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman bumbu dapur. Jika tanaman ini Anda letakkan di dalamn rumah, maka bisa mengusir nyamuk. Selain itu, jenis bunga yang satu ini juga dikenal sebagai anti bakterial sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakannya.

3. Bunga lantana

Lantana - Ist

Lantana – Ist

Bunga yang disebut bunga tahi ayam di beberapa daerah ini tidak memiliki aroma yang wangi seperti bunga lainnya. Namun, bunga lantana cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. Perawatannya pun cukup mudah yaitu dijemur di bawah matahari saja sehingga bunganya akan tumbuh.

4. Daun mint

Daun mint - Ist

Daun mint – Ist

Daun mint memiliki aroma yang pedas dan segar. Daun ini biasa digunakan sebagai tambahan parfum dan aroma makan untuk memberikan kesan segar dan dingin. Selain itu, daun ini juga ampuh untuk mengusir nyamuk jika Anda menanamnya. Anda bisa menanamnya di dalam pot dan letakkan di dalam ruangan pada malam hari. Pada pagi harinya, jemur di bawah sinar matahari agar bisa berfontositesis.

5. Kemangi

Kemangi - ist

Kemangi – Ist

Kemangi memiliki aroma yang segar dan menyejukkan. kemangi sering dijadikan lalapan dan sebagai aromaterapi yang ampuh mengatasi mual dan jerawat. Selain itu, aroma yang segar dan kuat juga membuat nyamuk enggan mendekat. Untuk itu, tak ada salahnya meletakkan tanaman kemangi di pekarangan rumah Anda.

6. Cengkeh

Cengkeh - Ist

Cengkeh – Ist

Cengkeh memiliki aroma yang sangat kuat yaitu pencampuran antara pahit dan manis. Aroma yang dimilikinya itu bisa mengusir nyamuk dengan efektif. Jika tak ingin menanamnya, maka Anda bisa mengambil beberapa butir dan letakkan di kain kasa. Gantungkan di beberapa tempat untuk mengusir nyamuk dari ruangan tersebut.

7. Sereh

Sereh - Ist

Sereh – Ist

Sereh memiliki aroma lemon yang sangat segar. Sereh kerap dijadikan sebagai bumbu dalam masakan dan juga minuman. Bukan hanya bisa dikonsumsi saja, namun sereh juga bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk. Untuk itu, tanamlah sereh di kebun rumah agar terebebas dari gigitan nyamuk.

Itulah 7 tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Jika tak ada nyamuk di rumah, maka tidur Anda pada malam hari pun bisa lelap. Bagaimana, Anda mau menanam tanaman tersebut di pekarangan rumah?

(NR)

Comment di sini