Cara Mudah Mencegah Ancaman Radiasi Ponsel

by
June 13th, 2013 at 1:42 pm
Radiasi ponsel - Ist

Radiasi ponsel – Ist

CiriCara.com – Dari tahun ke tahun perkembangan ponsel nampaknya sangat pesat. Berbagai merek ponsel saling berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru dan tercanggihnya untuk menarik daya beli masyarakat.

Akan tetapi, di balik pesatnya perkembangan ponsel tersebut perlu diwaspadai mengenai efek dari radiasinya. Konon, sinyal radio yang dikeluarkan oleh ponsel bersifat karsinogenik dan disebut-sebut menyebabkan kanker.

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang muncul dari gangguan radiasi ponsel, seperti pusing, sulit tidur, parkinson, tumor, dan lain sebagainya. Namun, bahaya menggunakan ponsel itu masih menjadi perdebatan panjang. Ada pihak yang meyakini hal tersebut, tapi ada juga yang tidak dan mengatakan bahwa ponsel tidak berbahaya.

Namun, bagi para pengguna ponsel tak ada salahnya untuk bijaksana dalam menggunakannya agar tak terkena radiasinya. Dilansir dari Inet.Detik.com, berikut cara mudah mencegah ancaman radiasi ponsel:

1. Memakai wired headset

Memakai headset saat menelepon - Ist

Memakai headset saat menelepon – Ist

Saat ini hampir semua ponsel menyediakan headset. Untuk itu, gunakanlah terutama bagi Anda yang sering menelepon dalam waktu yang lama. Penggunaan headset akan membantu mengurangi radiasi ke otak.

2. Mematikan pancaran sinyal

Ponsel memancarkan lebih banyak radiasi radio frekuensi ketika tengah mencari sinyal. Ponsel dalam keadaan sinyal lemah biasanya saat baterai akan habis atau dalam perjalanan, Untuk itu, alangkah baiknya Anda mematikan sinyalnya saja atau ponsel dalam keadaan flight mode. Fitur flight mode ini memang dibuat untuk mematikan pancaran sinyal saat ponsel digunakan dalam penerbangan.

3. Matikan saat tidur

Cara mudah lainnya untuk mencegah ancaman radiasi ponsel adalah mematikan pada saat tidur. Jangan khawatir alarm tak akan bunyi. Walaupun ponsel dalam keadaan mati, namun alarm masih akan tetap berfungsi dengan catatan baterai masih mencukupi.

Itulah cara mudah mencegah ancaman radiasi ponsel. Tak ada salahnya Anda melakukan tindakan pencegahan agar tak terjadi hal-hal yang merugikan kesehatan. Selain itu, baca juga 4 bahaya radiasi ponsel bagi manusia. (NR)

Comment di sini