Dituding Gelapkan Pajak, Messi Angkat Bicara

by
June 13th, 2013 at 2:42 pm

Quito (CiriCara.com) – Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi dan ayahnya dituding telah menggelapkan pajak di Spanyol. Messi dituding tidak membayar pajak selama tiga tahun dengan total nilai sebesar US$ 5,3 juta (sekitar Rp 51,9 miliar).

Lionel Messi, Messi,

Lionel Messi, Barcelona – Guardian

Saat ditanya mengenai kabar tersebut, Messi pun membantahnya. Pemain asal Argentina ini mengaku baru mengetahui kabar tersebut melalui pemberitaan media. Messi juga menegaskan bahwa ia dan ayahnya, Jorge, tidak pernah menggelapkan pajak.

“Kami terkejut dengan berita ini karena kami tak pernah melakukan pelanggaran apapun. Kami selalu memenuhi semua kewajiban pajak kami, dengan mengikuti saran-saran dari konsultan pajak kami,” tegas Messi, seperti diberitakan IrishTimes, Kamis (13/6/2013).

Messi yang merupakan pemain terbaik dunia ini mengaku tidak bisa menjelaskan permasalahan pajaknya. Pasalnya, pajak Messi dan ayahnya selama berada di Spanyol sudah diserahkan melalui konsultan pajak.

“Mereka (konsultan pajak) yang nantinya akan memberi klarifikasi lebih lanjut terhadap situasi ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tuduhan penggelapan pajak yang dilakukan Messi itu dilontarkan oleh seorang penuntut umum pajak di Catalunya bernama Raquel Amado. Messi dituding melakukan kecurangan dalam pembayaran pajak pada tahun 2007, 2008, dan 2009.

Akibat tudingan itu, Messi pun terancam hukuman 6 tahun penjara. Namun, hingga kini pihak otoritas pajak Spanyol masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai tudingan tersebut.

Messi sendiri merupakan salah satu pemain dengan gaji terbesar di dunia. Menurut Majalah Forbes, Messi bisa mendapatkan US$ 20 juta (Rp 195,8 miliar) dari gajinya setiap tahun. Tidak hanya itu, Messi juga menerima total bayaran US$ 21 juta (Rp 205,6 miliar) dari sponsornya.

Dengan penghasilan sebesar itu, benarkah Lionel Messi telah menggelapkan pajak? (YG)

Comment di sini