iOS 7 Tiru Android dan Windows Phone?

by
June 13th, 2013 at 1:30 pm

CiriCara.com –  iOS 7 yang baru saja diperkenalkan Apple pada pergelaran WWDC sudah harus menghadapi kritikan keras dari publik dan pesaingnya.

Situs Droid Life baru-baru ini merilis artikel tentang bukti kemiripan iOS 7 dan Android. Dalam artikel tersebut, Droid Life menyebut ada setidaknya 4 fitur iOS 7 yang mirip Android,yakni lock screen, command center, browser, dan mail.

iOS 7 dan Windows Phone

iOS 7 dan Windows Phone – Droid Life

Tampilan lock screen iOS 7 dipandang punya kesamaan dengan Android terutama di bagian penunjuk waktu, live wallpaper, dan fading effect

Dalam kasus command center, iOS 7 disebut mirip dengan Android karena menyediakan fitur sapuan dua jari di bagian bawah layar untuk mengakses fungsi kontrol utama seperti koneksi Wi-Fi, Bluetooth, dan pengaturan kecerahan layar.

iOS 7 vs Android

iOS 7 dan Android – Droid Life

Browser atau peramban pada iOS 7 yang menggunakan Safari juga terlihat serupa dengan Google Chrome yang menampilkan navigasi tab dengan tumpukan jendela yang dibuat membujur ke atas. Sementara itu dalam fitur mail,  iOS 7 menyajikan fitur sapu-untuk-menghapus/mengarsipkan yang telah dimiliki Android sejak lama.

Kemiripan ini tidak diutarakan oleh pihak Android secara resmi, tidak seperti Nokia yang secara jelas menyindir fitur iOS 7 mirip dengan antarmuka pengguna Windows Phone.

Safari dan Chrome

Safari dan Chrome – Droid Life

Nokia Hongkong membeberkan sejumlah fakta yang menurut mereka merepresentasikan betapa antarmuka pengguna pada iOS 7 dan Windows Phone punya banyak kemiripan.

Salah satu contohnya adalah konsep desain tampilan saat ada panggilan masuk. Kedua sistem operasi ini menyajikan desain tiles yang tampak serupa.

Selain itu, aplikasi cuaca yang ditemukan pada iOS 7 disebut mirip hingga 90% dengan aplikasi yang sama pada Windows Phone.

Banyak yang berpendapat iOS 7 meniru sejumlah fitur dari pesaing-pesaingnya, namun sebelumnya memang sudah beredar kabar bahwa generasi terbaru iOS ini memang akan menyandingkan beberapa fitur dari Android, Windows Phone, BlackBerry 10, bahkan MeeGo.

(hp)

Comment di sini