Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Anak Tumbuh Gigi

by
June 14th, 2013 at 2:05 pm
Mengurangi rasa sakit anak - Ist

Mengurangi rasa sakit anak – Ist

CiriCara.com – Biasanya anak yang masih berusia satu tahun akan terus mengalami pertumbuhan pada giginya. Pertumbuhan gigi itu terkadang membuat anak merasa gelisah, rewel, bahkan jadi tak mau makan. Tak heran jika banyak orangtua yang mengkhawatirkan anaknya pada saat itu.

Rasa sakit yang dialami anak mungkin memang sangat mengganggunya. Tapi, bagaimanapun juga Anda sebagai orangtua harus tetap bisa mengurangi rasa sakitnya. Memang sedikit kesulitan untuk membuatnya tetap tenang dan mau makan, tapi jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut cara mengatasi rasa sakit saat anak tumbuh gigi:

1. Memberikan pijatan kepada anak

Pada saat si anak tidak merasa nyaman, Anda bisa memijatnya untuk mengurangi rasa sakitnya. Ketahuilah bahwa, keluhan yang dirasakan anak pada saat itu juga bisa membuatnya jadi tak  bisa tidur. Untuk itu, pijatlah dengan lembut seluruh badannya agar si anak bisa terlelap.

2. Memberikan makanan yang lembut

Memberikan anak biskuit - Ist

Memberikan anak biskuit – Ist

Biasanya saat si anak akan tumbuh gigi, dirinya jadi tak mau makan. Namun, Anda harus pintar-pintar merayu si anak agar tetap mau makan. Berikanlah si anak makanan yang lembut, seperti bubur, sayuran yang dihaluskan, dan makanan lembut lainnya. Tujuannya adalah agar si anak tidak merasa sakit saat mengunyah.

3. Memberikan biskuit

Tanda-tanda anak tumbuh gigi biasanya akan menggigit-gigit benda. Namun, jangan biarkan si anak melakukan hal tersebut. Alangkah baiknya, Anda memberikan biskuit saja kepada anak saat dirinya sedang menggigit-gigit benda.

4. Membawanya ke dokter

Terkadang badan si anak akan panas ketika dirinya mau tumbuh gigi. Ketika panasnya tinggi, si anak juga akan mengalami kejang-kejang. Akan tetapi, jika si anak sudah mengalami demam, maka Anda harus segera membawanya ke dokter.

Itulah cara mengatasi rasa sakit saat anak tumbuh gigi. Bagaimanapun juga, Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan si anak saat dirinya sedang tumbuh gigi. Bila tak mau makan, Anda bisa memberikannya susu lebih sering. Selain itu, agar gigi anak bisa tumbuh sehat dan rapi, hentikan kebiasaan dot dan rajin-rajinlah mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. (NR)

Comment di sini