Ciri-ciri Orang Terkena Usus Buntu

by
Nyeri perut dan mual - Ist

Nyeri perut dan mual – Ist

CiriCara.com – Sakit perut mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang. Pada saat sedang sembelit, terkadang orang mengeluh perutnya sakit. Selain itu, saat sedang menstruasi sebagian besar wanita juga memiliki keluhan yang sama pada perutnya.

Namun jangan sepelekan sakit perut jika Anda merasakannya pada bagian kanan bawah. Hal tersebut bisa saja merupakan gejala awal terjadinya usus buntu.

Penyakit usus buntu bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, penyakit ini seringkali dialami oleh orang pada usia 10-30 tahun. Penyakit yang dikenal dengan nama Apendistis ini merupakan kondisi ketika usus buntu Anda meradang dan berisi nanah.

Usus buntu sendiri terletak di awal usus besar. Jika usus buntu sudah pecah, maka situasi tersebut bisa mengancam jiwa dan Anda harus segera mencari bantuan medis.

Lalu, apa saja gejala-gejala yang ditunjukkan jika seseorang mengalami usus buntu? Dilansir dari berbagai situs kesehatan, berikut ciri-ciri orang terkena usus buntu:

1. Nyeri di sekitar pusar

Nyeri usus buntu terjadi pada sisi kanan bawah perut. Tanda pertama biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman yang muncul di sekitar pusar yang kemudian berpindah ke bagian perut bawah.

2. Rasa nyeri meningkat

Nyeri yang dirasa seperti pada poin pertama akan meningkat. Selain itu, rasa sakit juga akan bertambah buruk jika Anda menggerakkan kaki atau perut, batuk atau bersin, dan merasakan guncangan perut lainnya.

3. Demam ringan dan menggigil

Usus buntu - Ist

Usus buntu – Ist

Jika Anda mengalami demam di atas 103 derajat dan sakit perut semakin parah sehingga jadi tak bisa berdiri tegak dan disertai menggigil, maka kemungkinan Anda mengalami usus buntu.

4. Muntah, mual, dan kehilangan nafsu makan

Muntah, mual, dan kehilangan nafsu makan mungkin akan dialami seseorang yang sedang mengalami masuk angin. Namun, hal tersebut biasanya terjadi tidak lama. Anda patut waspada jika keluhan tersebut semakin buruk dan tak kunjung sembuh. Jika sudah begitu, maka merupakan gejala usus buntu.

5. Sering buang gas dan kembung

Sering buang gas, perut kembung, dan disertai keluhan seperti di atas, bisa jadi Anda mengalami usus buntu. Selain itu, keluhan tersebut juga disertai dengan sembelit atau diare.

Itulah ciri-ciri orang terkena usus buntu. Jika mengalami 5 keluhan di atas, maka Anda harus segera periksa ke dokter. Jika semakin parah, maka penderita usus buntu perlu melakukan operasi. Agar tak terkena usus buntu, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang berserat dan rajin berolahraga. (NR)

 


comments powered by Disqus