Banjir Rob Mangga Dua Diperkirakan Hingga Minggu Depan

by
June 15th, 2013 at 6:53 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Banjir rob atau luapan air laut kembali menggenangi Jalan Gunung Sahari hingga kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara.

Banjir di Mangga Dua / Detik

Banjir di Mangga Dua / Detik

Menurut perkiraan, banjir masih akan menggenangi kawasan itu hingga seminggu ke depan karena bulan purnama masih akan mencapai puncaknya dua hari lagi.

Dilansir dari BeritaSatu.com, menurut Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Agus Priono, banjir di kawasan Mangga Dua, Penjaringan, Jakarta Utara tersebut memang terjadi karena tingginya permukaan air laut.

Naiknya air laut yang terjadi pada malam hari membuat air yang menggenang terus merembes ke daerah-daerah di pinggir pantai.

Untuk menanggulangi air tersebut, pihak DPU DKI Jakarta masih akan terus memaksimalkan pompa yang ada di sekitar lokasi sehingga air bisa berkurang.

“Kami terus mengupayakan dan memaksimalkan pompa yang ada agar befungsi secara maksimal. Pompa di pintu air Ancol tinggal satu lagi yang belum berfungsi. Pompanya sempat terendam sehingga air laut yang masuk tak bisa dibuang ke laut lagi,” kata Agus kepada sumber berita, Sabtu, 15 Juni 2013.

Pihak DPU juga telah mengarahkan tiga unit pompa ke kawasan Mangga Dua yang tergenang air. Dengan usaha ini maka ketinggian genangan air di kawasan itu diharapkan bisa berkurang.

Sementara itu Dinas PU masih akan melakukan perbaikan tanggul di sepanjang pantai utara sehingga ketika air pasang laut meninggi, air bisa tertahan.

Sabtu hari ini, banjir rob masih menggenangi kawasan Jalan Gunung Sahari hingga WTC Mangga Dua. Hal serupa telah terjadi sejak sepekan terakhir ini.

Tinggi air berkisar antara 20 hingga 40 sentimeter dan menyebabkan kemacetan parah di sekitarnya. Sejumlah kendaraan umum seperti busway, bis, dan sejenisnya dikabarkan tidak beroperasi melewati jalur sekitar daerah yang terkena banjir rob. (RN)

Comment di sini