Cara Agar Tifus Tidak Kambuh

by

CiriCara.com – Tifus (sering pula disebut Tipes atau Tipus) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, terutama Salmonella Typhosa.

Tifus

Tifus – Ist

Gejala orang yang mengalami tifus mirip dengan gejala penderita demam berdarah sehingga banyak orang yang keliru dalam menyimpulkan penyakit yang sedang diderita.

Tifus kerap dijumpai di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Orang bisa terkena penyakit tifus jika mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella.

Jadi, anggapan bahwa orang terkena tifus karena kelelahan adalah tidak sepenuhnya benar. Orang bisa mudah terkena tifus jika bersinggungan dengan bakteri Salmonella selagi daya tahan tubuh sedang turun.

Turunnya daya tahan bisa menyebabkan kuman dan bakteri bisa masuk ke tubuh dengan cepat.  Sekalinya orang sudah terinfeksi, dia akan mengalami demam tinggi kira-kira 39° hingga 40° Celsius, sakit kepala, konstipasi, selera makan berkurang, sakit kepala, tubuh menggigil, dan badan terasa lemas.

Banyak orang yang berpendapat tifus bisa hilang dengan sendirinya jika tubuh beristirahat. Namun, perawatan lebih lanjut sepeti pemberian antibiotik amatlah perlu karena tifus bisa menyebabkan nyawa melayang.

Bila tidak dirawat, penderita tifus akan mengalami penurunan kondisi sekitar 3 minggu setelah terkena infeksi. Sebanyak 10%-30% penderita tifus meninggal akibat tidak dirawat.

Selain itu, tifus bisa kambuh lagi terutama bila penderita adalah anak-anak. Kambuhnya tifus sering kali diakibatkan oleh terhentinya asupan antibiotik dan kebiasaan makan yang tidak bersih.

Untuk itu, perlu dilakukan sejumlah cara agar penyakit tifus tidak lagi kambuh:

  1. Habiskan antibiotik sesuai resep dari dokter
  2. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan sehabis buang air
  3. Pastikan air minum dalam keadaan bersih dan matang
  4. Pastikan makanan dalam bersih serta matang dalam pemrosesan dan penyajian
  5. Ajukan diri untuk menerima vaksinasi tifoid sekali tiap tiga tahun
  6. Olah raga teratur
  7. Istirahat yang cukup
  8. Bila perlu, konsumsi suplemen tambahan

Bila positif menderita tifus, seseorang bisa diwajibkan total beristirahat selama seminggu penuh sehingga produktivitas terganggu. Jagalah daya tahan tubuh Anda dan selalu hidup sehat karena kesehatan mahal harganya.

(hp)


comments powered by Disqus