Demo BBM 2013: “Eyang Subur” dan “Balotelli” Ikut Tolak BBM Naik

by
June 17th, 2013 at 2:37 pm
Ilustrasi demo BBM

Ilustrasi demo BBM – TribunNews

Malang (CiriCara.com) – Demonstrasi massa menolak kenaikan harga BBM pada Senin (17/6)  juga digelar di Malang. Dalam aksinya, massa yang terdiri dari ratusan mahasiswa membentangkan poster Eyang Subur dan Mario Balotelli.

Poster Eyang Subur dilengkapi dengan tulisan “Jika harga BBM naik, mau dikasih makan apa istri saya”.  Sedangkan poster Balotelli ditambahkan tulisan “Harga BBM naik, malah orang miskin naik”.

Seperti dilaporkan dari Kompas.com yang mengutip pernyataan koordinator aksi BEM Universitas Brawijaya, Reza Pahlevi , ditampilkannya poster Eyang Subur dan Balotelli dalam aksi unjuk rasa hanya sebagai aktor tambah.

Reza Pahlevi  mengungkapkan alasan pemerintah untuk menaikkan harga BBM karena APBN yang jebol setelah digunakan untuk mensubsidi rakyat tidak masuk akal. Reza berpendapat APBN bocor karena uangnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pejabat, bukan rakyat.

Menurut pemerintah, APBN dilanda krisis sehingga tidak ada cara lain untuk menyelamatkan anggaran selain menaikkan harga BBM. Namun, rencana ini terang-terangan ditolak oleh sejumlah fraksi di DPR, buruh, dan mahasiswa.

Mereka berpendapat pemerintah gagal dalam mengelola APBN sehingga rakyat kecil yang terkena dampaknya. Muhamad Rusdi, Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan APBN bisa diselamatkan jika pemerintah mau meminta balik aset energi nasional yang dikuasai asing.

“Jika sumber energi Indonesia dikelola oleh anak negeri maka tidak perlu adanya subsidi BBM ataupun impor,” ujar Rusdi.

Demonstrasi menolak kenaikan harga BBM terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Di Jakarta, demonstrasi dipusatkan di depan gedung DPR. Situasi demonstrasi di Jambi sempat memanas setelah seorang wartawan terkena tembakan aparat polisi.

(hp)

Comment di sini