Demo BBM 2013: Ini Kawasan Sekitar Jakarta yang Harus Dihindari

by
June 17th, 2013 at 8:54 am

Jakarta (CiriCara.com)Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan terjadi dalam waktu dekat ini memicu berbagai reaksi keras dari kelompok masyarakat.

Sejumlah elemen masyarakat berencana akan menggelar aksi unjuk rasa untuk menentang rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Meski kawasan Jakarta diguyur hujan yang sangat deras pagi ini, aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM masih akan dilanjutkan.

Demo BBM 17 Juni 2013 / Lensa Indonesia

Demo BBM 17 Juni 2013 / Lensa Indonesia

Jika tidak ingin terjebak macet karena demo yang digelar oleh berbagai elemen masyarakat itu, sebaiknya Anda menghindari kawasan di sekitar titik unjuk rasa.

Dilansir dari Detik.com, berdasarkan informasi dari Polda Metro Jaya pada hari Senin, 17 Juni 2013, titik demo akan mengarah ke beberapa kawasan penting di Jakarta dan kantor pemerintahan di Jakarta.

Pada pukul 08.00 WIB, Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja Tangerang Raya serta KSPSI akan melakukan unjuk rasa di Pintu Tol Kebon Nanas, Tangerang dan Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 1.000 orang.

Pukul 09.00 WIB, unjuk rasa akan dilakukan oleh kelompok yang berasal dari Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) di Gedung DPR, Kementerian BUMN dan Istana Negara. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 300 orang. Selain menolak BBM, mereka juga menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing di perusahaan BUMN.

Pada pukul yang sama, 1000 orang yang tergabung dengan FSPMI dan PT Inti Polymetal akan berunjuk rasa di kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur untuk meminta agar 24 orang karyawan PT Inti Polymetal yang dipecat dipekerjakan kembali.

Pukul 10.00 WIB, unjuk rasa dilakukan oleh elemen masyarakat yang berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dengan jumlah massa mendekati 2.000 orang. Unjuk rasa tersebut akan digelar di kantor Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan dan di depan gedung DPR.

Pada waktu yang sama, anggota Forum Buruh DKI Jakarta yang berjumlah sekitar 500 orang diperkirakan akan menyerbu kawasan Disnakertrans DKI Jakarta, Balai Kota DKI Jakarta dan gedung DPR RI. Massa berencana menolak kenaikan BBM dan meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja untuk tetap memperjuangkan upah buruh.

Kemudian pada pukul 12.00 WIB, massa KBSI yang berjumlah sekitar 300 hingga 500 orang juga akan berunjuk rasa di depan gedung DPR RI untuk menolak kenaikan harga BBM.

Pukul 13.00 WIB, unjuk rasa juga akan dilangsungkan di depan kantor Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat dari masa Koalisi Rakyat Untuk Indonesia. Jumlah massa yang akan mengikuti unjuk rasa sekitar 150 orang. (RN)

Comment di sini