Pemerintah Akan Umumkan Kenaikan BBM Lewat SMS

by
June 17th, 2013 at 11:52 am

Jakarta (CiriCara.com) – Isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan disahkan pada beberapa hari mendatang membuat berbagai lapisan masyarakat bereaksi.

Kenaikan harga BBM yang dirasa sangat memberatkan masyarakat kelas menengah ke bawah tersebut mendapat penolakan keras dari berbagai pihak.

Oleh karena itu tak heran jika hari ini, Senin, 17 Juni 2013, berbagai elemen masyarakat melangsungkan aksi unjuk rasa besar-besaran di Jakarta.

Setidaknya ada puluhan kelompok masyarakat yang tergabung dalam elemen buruh, pekerja, aktivis, dan mahasiswa yang menyebar di sebagian wilayah Ibukota untuk berunjuk rasa.

Namun terlepas dari segala penolakan yang dilancarknn oleh masyarakat, rencananya dalam mengumumkan kenaikan harga BBM kali ini, pemerintah akan mengirimkan SMS broadcast ke setiap nomor telepon masyarakat di Indonesia.

Harga BBM naik per Juni 2013 / Kompas

Harga BBM naik per Juni 2013 / Kompas

SMS tersebut berisi sosialisasi pemerintah dalam rangka melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi. Program ini melibatkan seluruh provider telekomunikasi di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Komunikasi Seluruh Indonesia.

Rencana penyebaran SMS broadcast ini disampaikan oleh para pejabat Kementerian ESDM dan Kominfo,  direksi operator telekomunikasi, direksi Pertamina, UKP4, dan juga direksi PLN pada hari ini, Senin, 17 Juni 2013 di Lobi Kementerian ESDM.

“Subsidi yang besar ini tidak tepat sasaran, dan dinikmati oleh para penyelundup BBM, orang kaya, lebih baik subsidi ini dialihkan ke masyarakat yang lebih berhak. Apalagi kondisinya negara kita saat ini dalam kondisi prihatin,” tegas Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karyo, seperti dikutip oleh sumber berita, Detik.com.

Jika harga BBM benar-benar naik maka harga bensin premium akan naik menjadi Rp. 6.500 per liter sedangkan solar Rp. 5.500 per liter. Tentunya kenaikan harga bahan bakar tersebut akan berdampak besar terhadap kenaikan kebutuhan masyarakat lainnya. (RN)

Comment di sini