4 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asma

by
Sesak napas - Ist

Sesak napas – Ist

CiriCara.comAsma merupakan suatu keadaan di mana saluran napas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang menyebabkan peradangan.

Ada beberapa hal yang memicu penyakit asma, seperti alergi pada satu hal, seperti dingin, debu, dan alergi lainnya, stres, infeksi virus, dan asap rokok. Selain itu, seseorang juga bisa menderita asma jika memiliki faktor keturunan.

Beberapa penderita asma biasanya dilarang untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu karena bisa menyebabkan alergi. Lalu, apa saja makanan yang tak boleh dikonsumsi oleh penderita asma?

Dilansir Vemale.com, berikut 4 makanan yang tak boleh dikonsumsi penderita asma:

1. Kacang

Produk olahan susu - Ist

Produk olahan susu – Ist

Kacang memiliki kandungan lemak jenuh yang bisa memicu alergi jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, Anda harus bisa membatasi mengonsumsinya, terutama kacang tanah. Bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan itu tidak membawa manfaat baik.

2. Aneka makanan yang mengandung pengawet

Bagi Anda penderita asma, alangkah baiknya menghindari makanan berpengawet. pengawet itu seperti benzoate, sulfat, dan gallates. Asparagus, daun bawang, telur, selada merupakan berbagai makanan yang mengandung sulfat. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya agar tak menyebabkan iritasi dan alergi.

3. Produk olahan susu

Berbagai jenis produk olahan susu, seperti es krim, yoghurt, dan susu cair bisa membuat penyakit asma Anda kambuh. Segala jenis produk olahan usus bisa menyebabkan batuk pada penderita asma.

4. Makanan mengandung ragi atau jamur

Selain tiga jenis makanan di atas, makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asma adalah makanan yang menggunakan ragi atau jamur dalam proses pembuatannya. Makanan tersebut, antara lain roti, cokelat, kue, muffin, dan gula putih.

Itulah 4 jenis makanan yang dilarang konsumsi oleh penderita asma. Mematuhi larangan tersebut, berarti Anda sudah melindungi diri sendiri. Ketahuilah makanan tersebut bukanlah penyebab asma, melainkan makanan yang perlu dihindari karena faktor-faktor tertentu. Untuk itu, Anda harus cermat memilih makanan yang akan dikonsumsi. (NR)


comments powered by Disqus