4 Penyebab Kerontokan Rambut pada Pria

by
June 18th, 2013 at 2:48 pm
Mengalami kebotakan - Ist

Mengalami kebotakan – Ist

CiriCara.comRambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami sebagian besar orang, baik wanita maupun pria. Jika rambut rontok dibiarkan, maka bisa menimbulkan kebotakan sehingga membuatnya jadi kurang percaya diri.

Pada pria misalnya, pola kebotakan atau alopensia androgenik telah menyumbang lebih dari 95% dari kerontokan rambut pada pria. Ketahuilah bahwa pada usia 35, sejumlah pria mulai mengalami kerontokan rambut yang cukup parah.

Sedangkan pada usia 50-an, sekitar 85% pria secara signifikan mengalami penipisan rambut. Lalu, apa penyebabnya? Dilansir dari Menshealth.com, berikut 4 penyebab kerontokan rambut pada pria:

1. Pola makan tidak benar

Jika Anda mengalami kerontokan rambut lebih dari biasanya selama 2 atau 3 bulan berturut-turut, maka ada yang salah dengan pola makan Anda. Ketahuilah bahwa rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Kekurangan besi, biotin, atau seng bisa membuat rambut “kelaparan”. Untuk menjadikan rambut selalu sehat, Anda disarankan agar mengonsumsi brokoli, bayam, dan telur.

2. Stres

Rambut rontok - Ist

Rambut rontok – Ist

Apakah terjadi kebotakan di beberapa area kepala Anda? Apakaha area itu terasa halus jika diraba? Jika hal tersebut Anda alami, maka bisa disebabkan oleh masalah genetika atau stres. Stres yang berat bisa menyebabkan kerontokan rambut dan memperburuk masalah rambut rontok. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi pada dokter kulit dan mintalah suntikan kortikosteroid untuk meredakan radang yang menyebabkan rambut rontok.

3. Infeksi jamur

Kerontokan rambut bisa saja dikarenakan Anda terkena tinea capitis, infeksi jamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai sampo antijamur untuk melawan jamur yang berkembang di kulit kepala Anda. Jika tak ada perubahan, maka Anda bisa meminta resep obat antijamur, seperti Lamisil.

4. Trauma emosional atau fisik

Efek kejutan pada telogen effluvium bisa menyebabkan suatu kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan mulai rontok. Kerontokan rambut ini bisa Anda alami secara mendadak.

Itulah 4 penyebab kerontokan rambut pada pria. ketahuilah bahwa kelainan struktur rambut atau kebotakan saat lahir juga bisa diwariskan dari orangtua. Jika kerontokan rambut dikarenakan gen, maka sulit untuk mengatasinya dan bisa menjadi permanen. Namun bagaimanapun juga, Anda harus mencari tahu penyebabnya dahulu agar bisa mengatasinya dengan mudah. (NR)

Comment di sini