Cara Agar Anak Terhindar dari Penyakit Hewan Berbulu

by
June 18th, 2013 at 4:55 pm
Memelihara hewan peliharaan - Ist

Memelihara hewan peliharaan – Ist

CiriCara.com – Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa menanamkan rasa tanggung jawab pada anak dan membuatnya jadi memiliki karakter penyayang. Banyak hewan peliharaan yang lucu untuk dipelihara, seperti anjing, kucing, burung, ikan, kelinci, dan hewan peliharaan lainnya.

Namun, Anda perlu pintar-pintar merawatnya, terlebih bagi hewan yang berbulu. Ketahuilah bahwa hewan peliharaan yang berbulu bisa menjadi pemicu alergi dan mengalami risiko terkena penyakit lainnya.

Untuk itu, pilihlah hewan peliharaan yang baik dan rawatlah dengan tepat agar anggota keluarga Anda dijauhkan dari berbagai risiko yang disebabkan oleh bulu hewan. Ketahuilah bahwa bulu kucing bisa menyebabkan sesak napas, alergi, batuk, dan gatal-gatal pada kulit.

Selain itu, ketahui juga bahwa hewan peliharaan bisa menjadi agen penularan dari virus Toxoplamosis. Virus tersebut bisa menular melalui benda-benda yang terkena kotoran dan air liur kucing, termasuk bulu kucing.

Untuk itu, sebagai orangtua Anda harus menjaga kebersihan hewan peliharaan dan si anak agar tak terkena berbagai penyakit dari bulu-bulu hewan. Bagaimana caranya?

Berikut cara agar anak terhindar dari penyakit hewan berbulu:

1. Mengajarkan anak kebersihan

Memandikan hewan peliharaan - Thinkstock

Memandikan hewan peliharaan – Thinkstock

Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangannya setelah menyentuh hewan peliharaan yang berbulu, seperti anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya. Mengajarkan anak kebersihan tentunya menghindarinya dari risiko penyakit yang menular melalui bulu binatang.

2. Memberikan perawatan ekstra pada hewan peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan kucing atau anjing, alangkah baiknya memberikan perawatan ekstra agar kebersihan bulunya selalu terjaga. Bulu hewan yang bersih tentunya bisa mencegah anak dan anggota keluarga lainnya terkena berbagai penyakit.

3. Memandikan dan melakukan grooming

Memandikan dan melakukan grooming secara teratur bisa mencegah  kerontokan bulu pada hewan dan mengurangi risiko penularan penyakit yang memanfaatkan bulu hewan sebagai medianya.

Itulah cara agar anak terhindar dari penyakit hewan berbulu. Untuk memandikan hewan peliharaan, Anda bisa memandikannya sendiri di rumah atau membawanya ke salon khusus hewan peliharaan. Bila perlu, Anda juga memiliki alat pembersih bulu hewan, seperti vacum cleaner agar anak dan anggota keluarga tak tertular dari berbagai macam penyakit melalui bulu binatang. Untuk itu, rajin-rajinlah merawat dan menjaga kebersihan hewan peliharaan di rumah. (NR)

Comment di sini