Harga BBM Naik, Tarif Angkutan Umum Ikut Naik

by
June 18th, 2013 at 9:20 am
Angkot

Angkot -Republika

Jakarta (CiriCara.com) – Jika harga baru bahan bakar minyak (BBM) efektif diberlakukan, tarif angkutan umum pasti akan ikut naik.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso, kenaikan tarif angkutan umum akan berkisar 10-20 persen meski dampak naiknya harga BBM bisa mempengaruhi tarif hingga 39 persen.

“Tidak boleh lebih dari 10-20 persen,” ungkap Soeroyo seperti dikutip dari Kompas.com (18/6).

Soeroyo menambahkan, daya beli masyarakat akan menjadi pertimbangan dalam penetapan tarif baru angkutan umum.

Sementara itu pengamat transportasi Djoko Setijiwarno berpendapat naiknya harga BBM akan membuat ongkos transportasi masyarakat juga meningkat sehingga membuat kehidupan rakyat miskin menjadi semakin berat.

“Dengan kenaikan harga BBM bersubsidi ini, beban ongkos transportasi untuk rakyat miskin semakin berat dan bisa membuat mereka tambah miskin,” ujar Djoko yang diwawancarai Kompas.com.

Djoko mendesak pemerintah untuk secepatnya membangun alat transportasi massal yang murah, nyaman, dan aman bila harga baru BBM efektif diberlakukan, bukan malah membangun jalan raya atau jalan tol.

Djoko menilai pemerintah malas dalam hal pengaturan kebijakan transportasi massal yang dibuat lima tahun sekali dan marak disosialisasikan sewaktu kampanye. Oleh sebab itu, dia menyarankan masyarakat jangan memilih wakil rakyat atau presiden yang bertindak seperti itu sebab mereka lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan partai ketimbang kebutuhan masyarakat.

RAPBN-P 2013 yang memuat keputusan penaikan harga BBM telah disahkan lewat rapat paripurna DPR yang berlangsung alot pada Senin (17/6).

Sebelumnya, pemerintah ngotot menaikkan harga BBM dengan alasan APBN bocor karena besarnya subsidi BBM. Sejumlah fraksi di DPR, mahasiswa, buruh, dan elemen masyarakat lain menolak kenaikan harga BBM karena akan memberatkan rakyat miskin meski pemerintah juga menetapkan kompensasi berupa bantuan uang tunai yang diberikan selama jangka wanktu tertentu.

(hp)

Comment di sini