Jadi, Kapan Harga BBM Resmi Naik?

by
June 18th, 2013 at 4:04 pm

Jakarta (CiriCara.com)RAPBN-P disetujui oleh DPR RI kemarin, Senin, 17 Juni 2013 setelah melewati perdebatan dalam rapat paripurnya yang berlangsung seharian.

Kebijakan yang diambil oleh pemerintah itu mendapat reaksi keras dari berbagai pihak masyarakat. Unjuk rasa besar-besaran digelar dalam rangka menekan kebijakan yang dirasa sangat memberatkan tersebut.

Harga Bensin dan Solar Naik 2013 - Ist.

Harga Bensin dan Solar Naik – Ist.

Meski demo berlangsung di berbagai daerah dengan cara-cara berbeda, namun tanggal pasti kapan BBM akan naik belum diketahui.

“Presiden akan memutuskan kapan, menunggu persiapan dari program-program (kompensasi),” kata Wakil Presiden Boediono saat jumpa pers di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 18 Juni 2013 seperti dikutip oleh sumber berita, Kompas.com.

Jumpa pers tersebut digelar sesudah Wapres memimpin rapat bersama dengan para menteri untuk membahas pengesahan UU APBN P 2013. Para menteri yang hadir antara lain Menteri Keuangan, Chatib Basri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh.

Menurut Boediono, pemerintah akan segera mempertimbangkan berbagai macam program kompensasi untuk rakyat miskin. Program-program tersebut antara lain beras untuk rakyat miskin, beasiswa, program keluarga harapan, dan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Anggaran semua program yang akan dijalankan itu sudah diatur dalam UU APBNP 2013. Dengan undang-undang tersebut maka sekitar 15.5 juta keluarga sasaran akan menerima Kartu Perlindungan Sosial yang bisa dipakai untuk mencairkan kompensasi di kantor pos.

Pencairan anggaran untuk semua program tersebut baru bisa dilaksanakan setelah proses administrasi APBN-P 2013 menjadi UU resmi telah selesai.

“Kita semua sangat bersyukur dan sampaikan penghargaan kepada DPR yang bekerja keras 1 bulan lebih bersama pemerintah akhirnya bisa menyelesaikan dan menyetujui,” pungkas Wapres Boediono.

Dengan keputusan yang diambil oleh pemerintah maka harga bensin premium akan naik menjadi Rp. 6.500 per liter dan solar menjadi Rp. 5.500 per liter. (RN)

Comment di sini