Puluhan Orang Ditangkap Pasca Demo BBM di Senayan

by
June 18th, 2013 at 1:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi kemarin, Senin, 17 Juni 2013 berlangsung ricuh.

Selain tidak terkoordinir dengan baik, ratusan massa yang berkumpul di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta tidak segera membubarkan diri meski jadwal unjuk rasa sudah usai.

Mahasiswa berunjuk rasa anti kenaikan BBM / Republika

Mahasiswa berunjuk rasa anti kenaikan BBM / Republika

Dilansir dari Detik.com, pihak Kepolisian Polda Metro Jaya tadi malam melakukan pengejaran dan penangkapan setelah aksi unjuk rasa dibubarkan. Dari hasi penangkapan tersebut, sekitar 88 orang dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa.

“Telah diamankan 88 orang pasca pembubaran demo di depan gedung DPR,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto, Selasa, 18 Juni 2013 kepada sumber berita.

Ke-88 orang tersebut terdiri atas 7 orang perempuan dan 61 laki-laki. 76 orang yang didata merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan 9 orang merupakan pelajar SMK. 3 orang yang ditangkap bahkan masih merupakan siswa SMP sehingga mereka dipulangkan.

Hingga hari ini, puluhan orang tersebut masih berada di Mapolda Metro Jaya. Mereka masih didata dan diperiksa sebelum dikembalikan kepada orangtua masing-masing. Meski ricuh, namun dari pihak kepolisian maupun pendemo tidak ada yang terluka.

Sementara itu, kenaikan harga BBM diprediksikan akan segera terjadi dalam waktu dekat. Kebijakan tersebut tertuang dalam RAPBNP 2013 yang telah disetujui oleh DPR RI kemarin, Senin, 17 Juni 2013.

Harga BBM jenis premium akan naik menjadi Rp. 6.500 per liter dan solar akan menjadi Rp. 5.500 per liter. (RN)

Comment di sini