3 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menikah

by
Persiapan sebelum menikah - Shutterstock

Persiapan sebelum menikah – Shutterstock

CiriCara.com – Sejumlah orang mungkin ingin menikah pada usia muda. Akan tetapi, ketahuilah bahwa menjalani kehidupan rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah. Terkadang, ada saja hal-hal yang bisa memicu pertengkaran antara Anda dan pasangan.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang memicu pertengkaran setelah menikah, sebaiknya Anda perlu mempersiapkan diri dahulu secara matang. Selain menjalin hubungan baik dengan keluarganya, ada poin penting yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Apa saja?

Berikut 3 hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum menikah:

1. Harus siap secara mental

Ketahuilah bahwa menikah tanpa persiapan mental yang matang bisa mengacaukan bahtera rumah tangga nantinya. Pasangan yang belum siap mental bisa mengalami konflik terus-menerus dan berujung pada perceraian.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin menikah pada usia muda alangkah baiknya mempersiapkan mental secara matang dahulu. Tujuannya adalah agar kehidupan rumah tangga nantinya dijauhi dari konflik dan selalu bahagia serta harmonis setelah menikah nanti.

2. Harus matang secara finansial

Persiapkan finansial - Thinkstock

Persiapkan finansial – Thinkstock

Bukan hanya mental saja yang perlu Anda persiapkan jika ingin menikah, tapi juga finansial. Tak bisa dipungkiri bahwa masalah finansial menjadi salah satu faktor penting dalam membina rumah tangga.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga nantinya akan ada banyak pengeluaran, seperti membayar telepon, listrik, air, pembantu, belanja, dan lain sebagainya. Sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius, sebaiknya Anda harus mempersiapkan finansial dahulu secara matang. Jangan sampai, masalah finansial memicu pertengkaran dengan pasangan.

3. Harus siap berkompromi dengan pasangan

Menikah bukan hanya menyatukan dua hati, tapi juga harus siap untuk saling terbuka atau berkompromi atas segala hal yang terjadi pada hubungan itu sendiri. Pada saat berkompromi, Anda juga harus bisa menahan ego dan beradaptasi dengan keinginan pasangan.

Selain itu, Anda juga harus bisa menerima segala kelebihan dan kemampuan pasangan. Jika saat ini masih sulit berkompromi dengannya, maka lebih baik pertimbangkan dahulu untuk menjalin hubungan yang lebih serius yaitu pernikahan. Anda dan pasangan harus bisa saling terbuka atau berkompromi agar bahtera rumah tangga nantinya harmonis dan bahagia.

Jadi, bagi Anda yang ingin buru-buru menikah sebaiknya penuhi dahulu ketiga hal tersebut. Jika memang sudah siap secara matang mengenai 3 hal tersebut, maka Anda sudah dikatakan mampu untuk menjalani kehidupan rumah tangga. (NR)


comments powered by Disqus