BBM Naik, Anggota DPRD DKI Dapat Subsidi Miliaran Rupiah

by
June 19th, 2013 at 4:18 pm
Harga BBM dipastikan naik bulan ini / KSPI

Harga BBM dipastikan naik bulan ini / KSPI

Jakarta (CiriCara.com) – Meski sebentar lagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan akan naik ternyata puluhan anggota DPRD DKI Jakarta justru mendapat subsidi.

Dikutip dari Merdeka.com, subsidi yang diterima oleh 94 anggota DPRD DKI Jakarta tersebut mencapai Rp. 2,7 miliar.

Uchok Sky Khadafi selaku Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparasi Anggaran (Fitra) menemukan, bahwa ada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jakarta tahun 2013 sebesar Rp 2.717.170.000 untuk alokasi subsidi BBM bagi 94 anggota DPRD DKI.

“Subsidi BBM untuk rakyat sudah dicabut, kok sekretariat dewan masih berfoya-foya dengan BBM ini dari anggaran negara. Ini aneh dan tidak adil. Warga Jakarta harus mengetahui jika anggota DPRD masih disubsidi BBM-nya,” kata Ucok, Rabu, 19 Juni 2013 kepada sumber berita.

Menurut Ucok, subsidi BBM untuk para anggota DPRD tersebut terkesan tidak etis. Di sisi lain, rakyat merasa keberatan dengan kenaikan harga BBM yang akan berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok dan biaya hidup.

Karenanya Ucok berharap agar anggaran tersebut dihapuskan dari APBD 2013 dan dialokasikan untik kebutuhan warga Jakarta.

“Padahal gaji dewan sudah tinggi, masih saja BBM disubsidi oleh APBD Jakarta, sangat tidak mempunyai malu para anggota DPRD Jakarta ini,” pungkas Ucok.

Meski mendapat banyak kecaman, dalam pekan ini pemerintah secara resmi akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk premium dari harga Rp. 4.500 menjadi Rp. 6.500 dan harga solar dari Rp. 4.500 menjadi Rp. 5.500 per liter. (RN)

Comment di sini