Cara Sehat Melawan Penyakit Kanker

by
June 19th, 2013 at 3:08 pm
Makanan untuk mencegah kanker - Ist

Makanan untuk mencegah kanker – Ist

CiriCara.com – Penyakit kanker memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang, terlebih wanita. Kanker memang bukan penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun bukan berarti juga tak bisa disembuhkan. Semakin dini penyakit kanker terdeteksi, maka peluang untuk sembuhnya juga semakin besar.

Akan tetapi, semua orang tentunya tak ingin menderita penyakit kanker. Untuk mencegahnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti mengonsumsi sayuran hijau organik, berhenti merokok, mengurangi asupan gula, membatasi meminum minuman beralkohol, dan lainsebagainuya.

Selain itu, dilansir dari Health.com, para pakar jantung dari Asosiasi jantung Amerika merekomendasikan cara hidup sehat yang bisa mengurangi risiko terserang kanker hingga 50 persen sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

Apa saja caranya? Dilansir sumber yang sama, berikut cara sehat melawan penyakit kanker:

1. Tidak merokok

Rokok bisa menyebabkan kanker lantaran semua bagian tubuh teracuni. Kanker bisa menjangkit paru-paru, tenggorokan, dan mulut. Jika takn ingin terserang penyakit kanker, maka berhentilah merokok mulai saat ini.

2. Mengendalikan berat badan

Kegemukian atau obesitas bisa memicu berbagai penyakit. Untuk itu, pastikan Anda bisa mengendalikan berat badan.

3. Melakukan diet sehat

Diet yang sehat yang bisa Anda lakukan, seperti mengurangi asupan karbohidrat, makan dalam jumlah secukupnya, mengonsumsi nutrisi yang beragam, dan aktif berolahraga. Dengan diet sehat, segala penyakit bisa Anda hindari, termasuk kanker.

4. Aktif berolahraga

Berolahraga 30 menit sehari - Ist

Berolahraga 30 menit sehari – Ist

Ketahuilah bahwa berolahraga bisa mengurangi kemungkinan terkena beberapa jenis kanker dan kekambuhan serta perkembahan kanker sekunder. Untuk itu, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

5. Memantau kadar gula

Untuk melawan kanker, Anda juga perlu memantau kadar gula. Memantau gula darah bukan hanya penting untuk penderita diabetes, tapi juga penting dilakukan untuk melawan penyakit kanker. Untuk mencegah kadar gula naik, Anda juga disarankan untuk mengurangi asupan yang manis-manis dan bertepung.

6. Menjaga tingkat kolesterol

Untuk menjaga tingkat kolesterol, Anda perlu berolahraga, mengontrol berat badan, membatasi mengonsumsi lemak jenuh, dan menghindari stres.

7. Menurunkan tekanan darah

Cara alami menurunkan tekanan darah, seperti berhenti merokok, mengurangi asupan garam, berolahraga setiap akhir pekan, mengonsumsi yoghurt, dan menyantap pisang.

Itulah 7 cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk melawan penyakit kanker. Para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang menjalankan 6 dari 7 tips tersebut menurunkan risiko kanker hingga 50%. Sedangkan yang menjalankan hanya 4 cara tersebut bisa menurunkan risiko terkena kanker 33%. Mereka yang mengikuti 1 atau 2 cara tersebut bsia menekan risiko kanker hingga 21%.

Dilansir sumber yang sama, Laura Rasmussen-Torvik, kepala penelitian dan profesor jurusan pencegahan penyakit pada Fakultas Kedokteran, Universitas Feinberg mengatakan bahwa temuan tersebut bisa membantu para dokter dalam mengimbau pasien agar bisa mengikuti tips tersebut.

Bagaimana, Anda mau melakukan cara sehat tersebut untuk melawan penyakit kanker?

(NR)

Comment di sini