Cara Tepat Memilih Helm Berlabel SNI Asli

by
June 19th, 2013 at 4:13 pm
Memilih helm - Ist

Memilih helm – Ist

CiriCara.com – Pada saat mengendarai motor, pengendara disarankan untuk memakai helm. Helm merupakan salah satu bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala yang biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya.

Pada prinsipnya, tak ada helm yang menjamin keselamatan pengendara. Hingga saat ini tak ada perusahaan yang mengklaim 100% si pengendara bisa selamat dalam kecelakaan jika memakai helm.

Ketahuilah bahwa fungsi helm hanya mereduksi dampak sebuah kecelakaan. Jika si pengendara melaju dengan kecepatan tinggi, maka kematian bisa saja terjadi meski si pengendara sudah memakai warepack dan helm yang bagus sekalipun.

Pada tahun 2007, Badan Standarisasi Nasional telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk helm. Standar ini menetapkan spesifikasi teknis untuk helm pelindung yang digunakan oleh pengendara dan penumpang kendaraan beroda dua.

Kewajiban untuk memakai helm berlabel SNI itu membuat para produsen helm berlomba-lomba untuk membuat helm SNI. Helm berlabel SNI beranekaragam harganya, dari yang murah hingga mahal.

Akan tetapi, apakah helm berlabel SNI yang murah itu adalah asli dan sesuai dengan klasifikasi yang sudah ditentukan? Agar Anda tidak tertipu, sebaiknya pintar-pintarlah memilih.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara tepat memilih helm berlabel SNI asli:

1. Pilih yang bermerek

Helm SNI - Ist

Helm SNI – Ist

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih helm yang bermerek dan sudah dikenal memiliki kualitas bagus. Untuk mendapatkan helm yang bermerek ini, Anda bisa bertanya pada teman atau membandingkannya sendiri dari merek yang satu dengan yang lainnya.

2. Perhatikan harganya

Ketahuilah bahwa helm yang memiliki harga Rp. 100.000 ke bawah biasanya berlabel SNI palsu. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda memilih helm berlabel SNI yang harganya sekitar Rp. 200.000 saja. Harga tersebut tidak mahal dibandingkan dengan biaya perawatan rumah sakit jika Anda mengalami kecelakaan.

3. Perhatikan komponen helm

Pilihlah helm SNI yang memiliki komponen lengkap, seperti mengenakan kaca polikarbonat yang tidak mudah pecah meski Anda mengalami kecelakaan sekalipun. Selain itu, tali chin strap-nya memakai soket besi yang kuat dan bentuknya tak boleh terlalu kecil.

4. Label SNI cetak timbul

Carilah helm yang ada label SNI dengan cetak timbul. Helm yang memiliki tulisan dan tulisannya cetak timbul sudah diakui oleh nasional dan aman untuk digunakan.

Itulah cara tepat memilih helm berlabel SNI asli. Untukmukuran helm, pastikan memilih yang pas dengan kepala. Helm yang disarankan untuk seorang pengendara motor adalah helm yang pas atau menekan bagian pipi dan dahi pada wajah. Selain itu agar helm yang dimiliki awet, Anda juga harus merawatnya. (NR)

Comment di sini