5 Cara Alami Mengatasi Uban Prematur

by
June 20th, 2013 at 2:40 pm
Tumbuh uban - Ist

Tumbuh uban – Ist

CiriCara.com – Tumbuhnya rambut putih atau yang dikenal dengan uban merupakan petanda bahwa orang tersebut telah memasuki usia tua. Biasanya rambut putih akan muncul pada saat seseorang memasuki usia 40 atau 50 tahunan.

Namun, nampaknya saat ini uban tumbuh tanpa memperhatikan usia. Seseorang yang berusia 20 tahunan juga sudah ada yang beruban. Apa sebenarnya penyebabnya?

Ketahuilah bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang memicu tumbuhnya uban di rambut, antara lain kafein, aneka makanan manis, dan soda. Berbagai makanan dan minuman tersebut memang paling enak untuk dinikmati. Tapi jika kebanyakan mengonsumsinya, maka akan tumbuh uban prematur.

Selain itu, tumbuhnya uban juga disebabkan oleh penurunan pigmen melanin pada rambut. Ada sel-sel tertentu dalam folikel rambut yang disebut melanosit. Mereka menghasilkan pigmen yang memberikan warna alami pada rambut. Warna alami rambut akan hilang ketika melanosit menghentikan produksi pigmen tersebut.

Akan tetapi, bagi Anda yang masih berusia 20 tahunan tapi sudah memiliki uban, alangkah baiknya segera diatasi dengan cara yang tepat. Jangan biarkan uban prematur tersebut bertambah banyak sehingga membuat penampilan jadi kurang percaya diri.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut cara alami mengatasi uban prematur:

1. Jahe dan madu

Anda bisa memarut jahe lalu tambahkan satu sendok madu. Setelah itu, oleskan secara merata pada rambut satu kali sehari agar uban prematur tak tumbuh kembali atau bertambah banyak.

2. Minyak kelapa dan jeruk nipis

Mencabut uban - Ist

Mencabut uban – Ist

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah mencampur minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis. Lalu, Anda bisa memakaikan pada seluruh kulit kepala secara merata.

3. Bawang merah

Ternyata bawang merah bisa menyembuhkan uban prematur dan menguatkan akar rambut. Caranya, Anda bisa menghancurkan 4 siung bawang merah dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, gunakan untuk membasuh kulit dan pijat. Setelah dipijat, Anda bisa mendiamkannya selama 5 menit, lalu cuci rambut hingga bersih.

4. Lemon

Lemon bukan hanya bisa digunakan untuk kecantikan saja, tapi juga kesehatan rambut. Lemon merupakan pewarna alami yang bisa mencerahkan warna rambut asli jika digunakan secara teratur. Caranya, Anda bisa mengambil air perasan lemon saja, lalu pakaikan ke rambut.

5. Minyak almond

Anda bisa memijat kulit kepala secara teratur dengan menggunakan minyak almond. Melakukan pemijatan dengan minyak almond bisa mencegah tumbuhnya uban prematur.

Itulah cara alami mengatasi uban prematur. Jangan sampai masa muda Anda hilang hanya karena tumbuhnya uban pada usia dini. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk mencegah tumbuhnya uban. (NR)

Comment di sini