6 Dampak Buruk Merokok Bagi Kulit

by
June 20th, 2013 at 11:34 am
Penuaan dini akibat merokok - Thinkstock

Penuaan dini akibat merokok – Thinkstock

CiriCara.com - Sudah banyak orang tahu bahwa merokok memiliki efek negatif bagi kesehatan, seperti memicu penyakit jantung, kanker, diabetes, gangguan janin, gangguan pernapasan, dan lain sebagainya. Bahaya merokok tersebut juga sudah dicantumkan pada bungkus rokok.

Namun, hingga saat ini rokok masih saja menjadi makanan sehari-hari orang banyak, baik itu pria maupun wanita. Padahal, merokok bukan hanya bisa mengganggu kesehatan saja, tapi bisa membuat Anda jadi terlihat tua dari usia yang dimiliki.

Bagi Anda wanita yang menjadi perokok aktif, ketahuilah bahwa merokok bisa membuat Anda jadi tidak cantik lagi. Ternyata rokok bisa memberikan pengaruh buruk bagi kecantikan kulit. Apa saja?

Dilansir dari Vemale.com, berikut 6 dampak buruk merokok bagi kulit:

1. Wajah berkerut

Berhati-hatilah bagi Anda perokok aktif karena bisa membuat wajah Anda jadi berkerut lebih cepat. Kerutan pada wajah biasanya terlihat di bagian mata atau mulut. Garisnya akan semakin terlihat seiring bertambahnya waktu merokok. Ketahuilah bahwa garis tersebut muncul akibat kontraksi otot wajah yang tampak karena kegiatan merokok.

2. Kanker kulit

Sudah diingatkan bahwa merokok bisa menyebabkan kanker dan bahaya kesehatan lainnya. Dilansir dari Boldsky.com, para peneliti menunjukkan bahwa bagian kulit yang sering terpapar langsung oleh rokok dan asapnya berpotensi lebih besar terkena kanker kulit. Kanker ini juga bisa menyeang bibir atau mulut si perokok.

3. Penuaan dini

Kerutan di wajah - Ist

Kerutan di wajah – Ist

Seseorang yang usianya bertambah biasanya akan menunjukkan tanda-tanda penuaan pada kulitnya. Namun ketahuilah bahwa seseorang bisa saja mengalami tanda-tanda penuaan dini jika sering merokok. Penuaan dini yang dialaminya, antara lain kulit menjadi kendur, keriput, dan warnanya terlihat kusam.

4. Warna kulit berubah

Pernah mengalami warna kulit tiba-tiba berubah menjadi kusam? Ketahuilah bahwa hal tersebut disebabkan karena kebiasaan merokok. Pada umumnya kulit berwarna kuning keabu-abuan dan sedikit pucat. Selain itu, kulit juga akan mengalami kekeringan dan teksturnya tidak lembap.

5. Tumbuhnya komedo dan jerawat

Ketahuilah bahwa asap rokok bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Kotoran dan debu akan tinggal di dalam kulit sehingga kulit sulit untuk bernapas dan menyebabkan jerawat serta komedo.

6. Kulit menjadi tipis

Merokok akan mempengaruhi sirkulasi darah. Penyumbatan darah akan terjadi dan menyebabkan seluruh bagian tubuh tidak mendapatakan oksigen yang cukup. Jika sudah begitu, maka kulit akan menjadi tipis.

Itulah 6 dampak buruk merokok bagi kulit. Ternyata, merokok bukan hanya bisa merusak kesehatan tapi juga kecantikan seseorang. Bagaimana, Anda ingin terus merokok?

(NR)

Comment di sini