Cara Memasak Daging Agar Cepat Empuk

by

CiriCara.com – Saat memasak daging, baik daging sapi atau daging kambing, kebanyakan orang sering menemui kendala daging menjadi alot atau keras. Hal ini tentu sangat menyebalkan. Mau tahu cara agar daging bisa cepat empuk?

daging sapi

Daging sapi dipotong dadu – Ist

Daging yang keras atau alot akan susah jika dimakan, terutama saat dikunyah. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus tahu cara memasak daging yang benar. Dengan demikian, daging yang Anda masak bisa menjadi lebih empuk dan lembut saat dikunyah.

Berikut cara memasak daging agar cepat empuk:

1. Cara mencuci

Saat mencuci daging, sebaiknya Anda jangan terlalu lama merendam daging dalam air. Hal ini bisa membuat daging jadi keras dan warnanya pun akan berubah jadi pucat. Cucilah dengan air yang mengalir agar kotorannya bisa cepat hilang tanpa harus direndam lama-lama.

2. Cara memotong

Jangan memotong daging dengan mengikuti arah seratnya. Tapi, potonglah berlawanan dengan arah serat daging. Tujuannya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging saat proses perebusan. Dengan demikian, daging akan jadi lebih empuk dan mudah untuk dimakan.

3. Cara merebus

Sebelum direbus, lumuri permukaan daging dengan menggunakan parutan buah nanas. Masukkan daging sejak air masih dingin, jangan masukkan daging saat air sudah panas. Sebab jika dimasukkan saat air sudah panas, maka pori-pori luar daging akan langsung tertutup sehingga air tidak bisa meresap ke bagian dalam daging. Rebus sekitar 30 menit.

Setelah daging matang, angkat daging dari air rebusan dan tiriskan hingga airnya kering. Daging yang sudah direbus ini siap untuk diolah menjadi berbagai menu makanan yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

(YG)


comments powered by Disqus