Ciri-ciri Fisik Anda Memiliki Kolesterol Tinggi

by
June 20th, 2013 at 4:51 pm
Kepala bagian belakang pusing - Ist

Kepala bagian belakang pusing – Ist

CiriCara.com - Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luarpun kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik karena 80% kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh dan 20% nya sisa dari makanan.

Sayangnya, banyak orang yang mengalami kolesterol tinggi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, dan melakukan kebiasaan  buruk sehari-harinya.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, Anda bisa melakukan tes laboratorium.

Tapi, sebelum melakukan tes, apakah Anda mengalami beberapa ciri-ciri fisik kolesterol tinggi? Lalu, apa saja ciri-cirinya? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ciri-ciri fisik Anda memiliki kolesterol tinggi berikut ini yang dicuplik dari Health.Kompas.com:

1. Pusing di bagian belakang kepala

Anda sering pusing di bagian kepala belakang? Jika iya, maka berhati-hatilah bisa jadi kolesterol Anda tinggi. Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan darah di sekitar kepala. Penyumbatan terjadi lantaran kolesterol mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan stroke.

2. Tangan dan kaki kesemutan

Kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tak mendapat aliran darah. Untuk itu, berhati-hatilah jika kesemutan pada tangan dan kaki ini sering Anda alami.

3. Tangan dan kaki terasa pegal

Kaki kesemutan - Ist

Kaki kesemutan – Ist

Selain kesemutan, ciri lain yang menunjukkan Anda memiliki kolesterol tinggi adalah tangan dan kaki terasa pegal. Pegal pada tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol yang biasanya terjadi terus menerus meskipun Anda tidak melakukan aktivitas berat sekalipun.

4. Dada sebelah kiri sakit

Sering mengalami sakit dada seperti ada yang menusuk? Jika iya, maka bisa jadi Anda memiliki kolesterol tinbggi. Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung bisa mengakibatkan rasa nyeri seperti tertusuk. Nyeri dada yang dirasa itu bisa menjalar hingga ke daerah sekitar leher.

5. Tengkuk dan pundak terasa pegal

Ciri fisik yang kelima yaitu terasa pegal di tengkuk dan pundak. Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi aliran darah yang tak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Selain itu, aliran darah yang tak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

Itulah ciri-ciri fisik Anda memiliki kolesterol tinggi. Namun, yang paling akurat untuk mengetahui apakah Anda menderita kolesterol tinggi atau tidak yaitu dengan melakukan tes laboratorium. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg, maka Anda harus segera menurunkannya.

ketahuilah bahwa kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Risiko terburuknya, gumpalan-gumpalan lemak bisa menyumbat aliran darah sehingga memicu kematian akibat serangan jantung dan stroke. (NR)

Comment di sini