Ciri-ciri Krim Pemutih Wajah yang Tidak Aman Dipakai

by
June 20th, 2013 at 3:47 pm
Krim pemutih wajah - Ist

Krim pemutih wajah – Ist

CiriCara.com – Tampil cantik dengan memiliki kulit wajah yang putih dan bebas jerawat merupakan impian sebagian besar wanita. Benarkah? Untuk mewujudkan impiannya tersebut, banyak cara yang akan dilakukannya, antara lain mengunjungi dokter kecantikan atau membeli krim pemutih wajah yang beredar di pasaran.

Mereka yang kurang mampu untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan, biasanya akan membeli krim pemutih wajah di toko-toko kecantikan. Namun, ketahuilah bahwa tak semua produk kometik, termasuk krim pemutih itu aman untuk dipakai.

Beberapa bulan yang lalu, Mei 2013 BPOM (Badan Pengawan Obat dan Makanan) menemukan 17 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya atau dilarang edar. Kosmetik tersebut, termasuk krim pemutih wajah kabarnya mengandung merkuri atau raksa, hidrokinon, dan asam retinoat yang mana memiliki efek memutihkan.

Jika dipakaikan ke wajah, maka bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti iritasi kulit, pengikisan kulit, kanker, keruskaan ginjal, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar memilih krim pemutih wajah yang akan dipakai.

Lalu, apakah krim pemutih wajah yang Anda pakai saat ini aman untuk kulit? Untuk mengetahuinya, mari simak ciri-ciri krim pemutih wajah yang tidak aman dipakai berikut ini:

1. Warna krim mengkilap

Anda patut mencurigai jika krim pemutih wajah yang dipakai berwarna kuning atau putih mengkilap seperti mutiara. Biasanya krim yang memiliki warna seperti itu memakai zat pewarna berbahaya.

2. Memiliki bau menyengat

Cobalah cium krim pemutih wajah yang Anda miliki. Jika Anda mencium aroma logam, sebaiknya segera membuangnya. Namun, biasanya produsen menyamarkan bau ini dengan memberi parfum yang aromanya tajam.

3. Tidak tercampur rata atau lengket

Memakai krim pemutih wajah - Ist

Memakai krim pemutih wajah – Ist

Krim pemutih berbahaya biasanya lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, krim juga terasa kasar saat dipakai. Ketahuilah bahwa krim pemutih berbahaya kadang terpisah, ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan.

4. Hasilnya sangat cepat

Apakah krim pemutih wajah yang dimiliki hasilnya sangat cepat? Jika kulit akan putih dalam waktu hitungan hari atau minggu, maka krim tersebut mengandung bahan berbahaya. Awalnya memang terlihat bagus, namun lama-kelamaan bisa menimbulkan masalah kesehatan akut.

5. Kulit tampak pucat dan tidak alami

Krim pemutih yang aman akan memberikan hasil putih cerah atau normal, seperti kulit Anda yang jarang terkena sinar matahari. Namun, waspadalah jika krim pemutih wajah yang Anda pakai saat ini membuat wajah jadi putih pucat bahkan keabu-abuan.

6. Ketergantungan

Jika krim pemutih wajah dihentikan pemakaiannya, maka kulit akan terlihat gelap. Hal tersebut tentunya menimbulkan ketergantungan. Ketahuilah, semakin lama dipakai, racun akan semakin menumpuk dalam tubuh dan jaringan kulit pada akhirnya akan semakin rusak.

7. Tak ada izin BPOM

Krim-krim pemutih berbahaya sudah pasti tidak masuk ke dalam daftar BPOM Indonesia. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek kebenarannya si situs resmi BPOM.

Itulah ciri-ciri krim pemutih wajah yang tidak aman dipakai. Pastikan Anda selalu cermat sebelum membelinya. Jika krim pemutih wajah yang dipakai saat ini memiliki ciri-ciri seperti di atas, maka segeralah buang demi kesehatan diri sendiri. (NR)