5 Nutrisi Penting untuk Menambah Tinggi Badan

by
June 21st, 2013 at 2:06 pm

CiriCara.com – Memiliki ukuran badan yang kurang tinggi terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Apalagi, jika dirinya berada di tengah-tengah orang yang ukuran badannya tinggi. Hal tersebut terkadang membuat merasa minder, bukan?

Ada yang mengatakan bahwa tinggi badan akan terhenti pada saat seseorang berusia 21 tahun. Namun, jangan mengkhwatirkan hal tersebut. Tinggi badan bisa bertambah jika Anda mengkombinasikan asupan makan, latihan fisik, dan tidur teratur hingga usia 30 tahun.

Beberapa latihan fisik yang bisa Anda lakukan untuk menambah tinggi badan yaitu lompat tali, bersepeda, berenang, menendang, dan berayun. Degan rutin melakukan salah satu latihan fisik tersebut, tinggi badan Anda akan bertambah setidaknya 5-10 cm.

Selain latihan fisik, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi per harinya. Lalu, asupan nutrisi apa saja yang perlu dipenuhi? Dilansir dari Vemale.com, berikut 5 nutrisi penting untuk menambah tinggi badan:

1. Protein

Nutrisi protein - Ist

Nutrisi protein – Ist

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan agar Anda bisa menambah tinggi badan. Protein akan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak dan menyediakan sel-sel tubuh baru sehingga memiliki perkembangan maksimal. Makanan yang kaya akan protein yang bisa Anda asup, antara lain susu, keju, kacang hijau, oatmeal, ikan laut, kedelai, dan makanan yang memiliki kandungan protein lainnya.

2. Kalsium

Kalsium - Ist

Kalsium – Ist

Kalsium sangat bermanfaat untuk tulang agar selalu kuat dan perkembangannya baik. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium, seperti keju, yoghurt, telur, dan lain-lain.

3. Mineral

Mineral - Ist

Mineral – Ist

Untuk menambah tinggi badan, mineral juga dibutuhkan tubuh untuk membantu perkembangan tulang serta memperlancar peredaran darah. Makanan yang mengandung mineral tersebut, antara lain kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu kuning, kacang-kacang, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

4. Vitamin D

Vitamin D - Ist

Vitamin D – Ist

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan, sereal, telur, tofu, susu kedelai, kedelai, dan kacang almond sangat baik untuk tulang. Vitamin D berfungsi untuk pembentukan tulang yang akan menyokong dan menjadi dasar tubuh Anda.

5. Vitamin A

Vitamin A - Ist

Vitamin A – Ist

Untuk menjaga seleuruh bagian tubuh tetap segar dan berfungsi dengan baik, Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A. Berbagai makanan tersebut, antara lain bayam, wortel, pepaya, peach, susu, tomat, dan makanan lainnya.

Itulah 5 nutrisi penting untuk menambah tinggi badan. Berbagai jenis nutrisi tersebut bisa Anda tambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari dan dilakukan setiap hari. Dengan begitu, Anda akan selalu sehat dan tinggi badanpun bertambah. (NR)

Comment di sini