Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

by
June 21st, 2013 at 10:21 am
Mengirim CV lewat email - Ist

Mengirim CV lewat email – Ist

CiriCara.com – Saat ini kemajuan teknologi kian memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi. Seseorang yang berada di tempat yang berbeda tetap bisa melakukan komunikasi melalui beberapa perangkat elektronik, seperti ponsel, internet, dan lain sebagainya.

Melalui beberapa perangakat elektonik tersebut, seseorang bisa mengirimkan pesan melalui SMS, BBM, Twitter, Facebook, Email, dan fasilitas pesan elektronik lainnya. Cara yang digunakan tersebut lebih praktis, ekonomis, dan cepat. Dalam hitungan detik, pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diterima oleh orang yang dituju.

Begitupun halnya dengan rekrutmen tenaga kerja. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan sistem elektronik dalam proses penerimaan pegawainya. Dengan begitu, si pelamar tak perlu repot-repot untuk datang ke kantor pos, membeli perangko, dan menyiapkan beberapa berkas lamaran lainnya.

Biasanya si pelamar diminta untuk mengirimkan surat lamarannya melalui email. Hal tersebut tentunya menguntungkan kedua belah pihak, baik si perusahaan maupun si pelamar.

Walaupun si pelamar bisa dengan mudah mengirimkan surat lamaran pekerjaannya melalui email, namun harus tetap memperhatikan cara penulisan surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email. Bagaiamana caranya?

Berikut cara mengirim surat lamaran kerja lewat email:

1. Judul email harus tepat

Kirim pesan lewat email - Ist

Kirim pesan lewat email – Ist

Anda harus menulis judul surat lamaran kerja dengan jelas dan singkat. Tujuannya adalah agar si penerima bisa dengan cepat mengetahui maksud email Anda. Misalnya, “Melamar Kerja untuk Reporter”. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang sudah menentukan judul emai yang akan dipakai. Misalnya, “Reporter” atau sekadar “REP”. Jika menemukan persayaratan seperti itu, maka Anda harus mengikuti ketentuan tersebut.

2. Jangan menulis di badan email

Alangkah baiknya surat lamaran kerja atau resume ditulis di file tersendiri. Jangan menulis resume di badan email karena bisa menjadikan surat lamaran Anda tidak enak untuk dibaca.

3. Lampiran yang dikirim tepat

Umumnya perusahaan menuliskan pada iklan lowongannya kerjanya mengenai jenis file yang boleh dikirim. perusahaan biasanya mensyaratkan jenis file .doc, pdf, atau .txt. Jika perusahaan tak menyebutkan syarat jenis file, maka Anda bisa menggunakan file .doc. Namun, usahakan ukurannya tidak lebih dari 300 KB, termasuk foto. Untuk itu, pastikan Anda periksa dengan teliti dahulu sebelum mengirimnya.

Itulah cara mengirim surat lamaran kerja lewat email. Pastikan resume yang Anda buat sudah benar dan bisa menarik perhatian perekrut. Selain itu, pastikan juga semua lampiran terkirim dengan baik. Jadi, Anda harus teliti sebelum mengirimkannya kepada perusahaan. (NR)