Jelang BBM Naik, SPBU Mulai Dibanjiri Kendaraan

by
June 21st, 2013 at 4:19 pm
Antrian kendaraan di SPBU menjelang kenaikan harga BBM - Ist.

Antrian kendaraan di SPBU menjelang kenaikan harga BBM – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Sudah menjadi sebuah tradisi jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan naik, maka sejumlah besar SPBU di Indonesia akan dibanjiri berbagai macam kendaraan yang antri membeli bahan bakar.

Aksi tersebut kebanyakan dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan BBM dengan harga lama sebelum dinaikkan.

Hal seperti ini terjadi di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Seperti diberitakan oleh Kompas.com, ratusan bahkan ribuan kendaraan mengantri di berbagai SPBU yang tersebar di kota itu dalam beberapa hari terakhir untuk mendapatkan bahan bakar.

Banyak pengguna kendaraan yang menyayangkan kejadian seperti ini. Rata-rata dari mereka mengeluh karena harus mengantre selama berjam-jam demi mengisi kendaraan dengan bahan bakar.

Menurut ketarangan dari petugas di Kota Kotamobagu, keterlambatan tersebut terjadi diduga akibat keterlambatan pengiriman pasokan bahan bakar.

Euforia penolakan kenaikan harga BBM juga terjadi di kota kecil tersebut. Elemen mahasiswa di Sulawesi Utara turut melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara untuk menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Sementara itu di Ibukota, kenaikan harga BBM sudah dipastikan oleh pemerintah. Pengumuman kenaikan harga BBM ini akan dilangsungkan malam nanti oleh pemerintah dan mulai berlaku esok hari, Sabtu, 22 Juni 2013.

Keputusan pemerintah menaikan harga BBM ini akan mengubah harga bensin premium menjadi Rp. 6.500 per liter dan solar menjadi Rp. 5.500 per liter.

Meski demo besar-besaran menentang kenaikan harga BBM terjadi pada awal pekan ini tapi tampaknya keputusan pemerintah ini sudah tidak bisa lagi diganggu gugat dengan alasan bahwa beban negara untuk subsidi bahan bakar sudah membengkak. (RN)

Comment di sini